Yang Harus Anda Lakukan Untuk Mencegah Spion Motor Anda Berembun

rawatlah kaca spion agar tidak mudah berembun
rawatlah kaca spion agar tidak mudah berembun

Melakukan touring jarak jauh dengan sepeda motor memang mengasyikkan namun kadang di musim penghujan sering terjadi spion motor berembun yang mengurangi visibilitas pengendara oleh karena itu ada beberapa hal yang harus anda lakukan untuk mencegah spion motor anda berembun. Spion yang berembun dapat mengganggu kenyamanan dan kelancaran berkendara bahkan bisa menimbulkan kecelakaan fatal.

Yang harus anda lakukan untuk mencegah spion motor anda berembun pertama-tama yakni rajinlah membersihkan spion motor. Walaupun terlihat tidak kotor, terkadang spion motor dihinggapi oleh parasit berupa jamur kaca yang sepintas tidak kelihatan. Jamur kaca ini baru akan terlihat jika spion terguyur air di mana air akan bertahan lebih lama di kaca spion karena tertahan oleh jamur-jamur ini. Cukup seka kaca spion dengan air bersih dan dilap dengan kain kering untuk mencegah munculnya jamur kaca.

kaca spion
kaca spion

Yang kedua yang harus anda lakukan untuk mencegah spion motor anda berembun adalah menyemprotkan cairan khusus antifog (anti embun) di permukaan kaca spion. Seka dengan kain bersih hingga kering. Namun harus diingat, sebelum menyemprotkan cairan kimia ini pastikan dulu bahwa permukaan kaca spion bersih dan bebas dari jamur.

Jika dirasa kurang, maka anda dapat mengulanginya lagi dengan menyemprotkan cairan antifog sekali lagi dan seka dengan kain bersih dan kering secara searah. Itu lah yang harus anda lakukan untuk mencegah spion motor anda berembun, terutama di musim penghujan. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

20 − 10 =