Untuk Menghindari Kelelahan Saat Touring Lakukan Hal-Hal Berikut Ini Masbro

saatnya touring
saatnya touring

Bagi para pecinta kegiatan touring menggunakan sepeda motor, untuk menghindari kelelahan saat touring lakukan hal-hal berikut ini masbro karena kelelahan merupakan faktor utama penyebab terjadinya kecelakaan lalu lintas.

perjalanan saat touring istirahat itu penting ya masbroo
perjalanan saat touring istirahat itu penting ya masbroo

Untuk menghindari kelelahan saat touring lakukan hal-hal berikut ini masbro:

Pertama, persiapkan fisik sebelum melakukan kegiatan touring. Persiapan fisik itu dapat dilakukan dengan cara latihan fisik rutin untuk menjaga kebugaran badan karena kegiatan touring jarak jauh menuntut kebugaran fisik yang prima. Selain itu, istirahatlah yang cukup sebelum melakukan touring.

Yang kedua, untuk menghindari kelelahan saat touring lakukan hal-hal berikut ini masbro. Cek kondisi sepeda motor, apakah ada kerusakan atau ketidakberesan yang nantinya akan menghambat perjalanan. Kerusakan pada motor akan menguras stamina fisik masbro karena pengendara harus bekerja keras untuk menstabilkan laju motor. Kurangi beban sepeda motor dari aksesoris berlebihan yang justru membuat handling motor menjadi berat.

Yang ketiga, gunakan lah safety gear lengkap namun pilih lah yang memiliki bobot yang ringan dan memiliki sirkulasi udara yang baik agar respirasi tubuh tidak terhambat. Pilih helm full face yang nyaman dan ringan sehingga tidak terjadi pegal-pegal di leher masbro. Jika memungkinkan, pasanglah selang air minum menuju ke bagian dalam helm sehingga sewaktu-watu dapat minum di tengah perjalanan untuk menghindari dehidrasi.

Berikutnya, perhatikan asupan makanan dan minuman selama melakukan touring jarak jauh menggunakan sepeda motor. Selama touring, tubuh memerlukan asupan makanan dan minuman yang lebih tinggi dibandingkan pada aktivitas sehari-hari karena otak memerlukan pasokan makanan untuk menjaga konsentrasi dan otot memerlukan asupan makanan juga untuk menjaga ritme dan stabilitas laju kendaraan.

Di samping asupan makanan, tubuh juga memerlukan waktu beristirahat. Untuk itu lah, perlu kiranya bagi para pe-touring untuk mengenali batasan fisiknya masing-masing. Setiap 2-3 jam sekali harus berhenti untuk beristirahat sejenak untuk mengembalikan kesegaran tubuh dan merenggangkan otot yang tegang selama perjalanan touring jarak jauh.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

five × four =