Tutup Pentil Sembarangan Bisa Merusak Pelek

motorku.net – Tutup pentil saat ini sudah ditawarkan dengan aneka model dan warna. Tetapi jangan sembarangan menggunakan tutup pentil, karena bisa merusak pelek.

Tutup pentil pada ban sepeda motor mempunyai fungsi penting. Sayangnya, masih banyak yang melupakan fungsinya. Tetapi ada pula yang menggunakan produk dengan bahan logam.

Tutup pentil sendiri memiliki peran sebagai pelindung agar kotoran tidak masuk ke dalam lubang dan bisa mengganjal katup dan menimbulkan kebocoran. Tutup pentil juga berfungsi mencegah angin ban terbuang saat terjadi bocor halus pada katup pentil.

Tetapi saat ini banyak tutup pentil dengan bahan logan, meski tampak menarik dari desain dan warnanya. Paling tidak bisa tampil beda dibandingkan dengan teman motoris saat kongkow.

Tutup Pentil Sepeda Motor
Tutup Pentil Sepeda Motor

Namun adabaiknya, memperhatikan berat tutup pentil logam tersebut. Tutup pentil untuk sepeda motor jauh lebih pendek dan ringan dibandingkan katup pentil untuk mobil.

Untuk mobil, tutup pentil logam tidak terlalu pengaruh pada pelek, karena bahan pelek mobil lebih tebal dan lebar. Sedangkan untuk motor, tutup pentil logam yang berat akan merusak, sebab saat kecepatan tinggi ada pengaruh gaya sentrifugal yang akan seolah mencabut pentil dari pelek.

Meski pengaruhnya sedikit, namun pada pelek alloy dan tubeles gaya tadi akan menggeser seal karet dan membuat angin ban boxor. Pada ban dengan ban dalam, gaya tadi akan membuat leher pentil seperti digeser-geser ke lubang pelek dan lama-kelamaan bisa terpapas pada kondisi ekstrem.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

sixteen − six =