Trik Agar Cat Body Motor Tidak Mudah Rusak dan Mengelupas

perawatan cat body mencegah rusak dan mengelupas
perawatan cat body mencegah rusak dan mengelupas

Motor yang terlihat kusam karena cat body-nya terkelupas tentu tidak sedap dipandang oleh karena itu harus diketahui trik agar cat body motor tidak mudah rusak dan mengelupas agar tidak menyesal di kemudian hari.

Sebenarnya trik agar cat body motor tidak mudah rusak dan mengelupas ini cukup simpel dan bagian dari kebiasaan sehari-hari saja. Namun, jika diabaikan dan malas untuk menjalankannya, maka sepeda motor sekeren apa pun bakal menjadi motor kusam dan karatan tanpa ada perawatan yang memadai.

Beberapa trik agar cat body motor tidak mudah rusak dan mengelupas yang dapat Anda terapkan yakni diantaranya:

  1. Selalu gunakan produk pembersih khusus untuk body motor. Jangan pernah menggunakan deterjen, sabun colek atau pembersih lainnya yang bukan diperuntukkan bagi body motor karena campuran kimianya berbeda sehingga berpotensi merusak cat body motor.
  2. Setelah selesai mencuci motor, sebaiknya keringkan motor dengan tuntas dengan menggunakan kanebo atau kain lap lembut yang bersih. Jangan biarkan sisa-sisa air menempel di body motor karena bisa menimbulkan bercak-bercak di body motor dan mengundang munculnya jamur.
  3. Hindari memarkir motor di tempat terbuka yang langsung terkena terik sinar matahari di musim kemarau dan terguyur hujan di musim hujan karena panas matahari serta air hujan sangat korosif dan dapat mempercepat kerusakan dan pengelupasan cat body motor.
  4. Pemakaian cairan pengilap body motor sebenarnya sah-sah saja, namun jangan terlampau sering karena dampaknya cat body motor bisa menipis akibat reaksi kimia yang ditimbulkan dari cairan tersebut.
  5. Jangan menutup penuh body motor dengan stiker karena pemakaian stiker akan membuat cat kehilangan daya sirkulasi. Disamping itu, ketika stiker dilepas maka kemungkinan besar lapisan pelindung cat pada body motor akan hilang dan terangkat bersama stiker.

Demikian beberapa trik agar cat body motor tidak mudah rusak dan mengelupas yang dapat Anda terapkan di motor Anda. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

4 + 6 =