Tips Mudah Agar Tali Kopling Tahan Lama dan Tidak Mudah Putus

rawat kabel kopling agar tidak mudah putus dan seret
rawat kabel kopling agar tidak mudah putus dan seret

Salah satu kelebihan memakai motor kopling manual dibandingkan transmisi otomatis adalah perpindahan gigi yang lembut walaupun hal itu juga dipengaruhi oleh kualitas tali kopling dan handle koplingnya, berikut ini adalah tips mudah agar tali kopling tahan lama dan tidak mudah putus.

Walaupun menawarkan perpindahan gigi yang lebih smooth, motor dengan kopling manual bisa menjadi tidak berfungsi sama sekali ketika mengalami putus tali kopling. Tentu saja jika tali kopling putus maka motor tidak dapat digunakan sehingga komponen tali kopling yang terbuat dari jalinan kawat baja ini memiliki peran yang sangat penting. Oleh karena itu lah, perlu bagi kita semua mengetahui tips mudah agar tali kopling tahan lama dan tidak mudah putus.

Salah satu tips mudah agar tali kopling tahan lama dan tidak mudah putus yakni rajin membersihkan kabel selongsong pembungkus tali kopling. Untuk membersihkannya, cukup tuangkan beberapa tetes minyak pelumas atau minyak jahit (Singer) ke dalam lubang selongsong. Hal ini untuk mencegah munculnya karat di dalam selongsong dan melunturkan endapan kotoran yang ada di dalam. Dengan begitu, maka pergerakan tali kopling di dalam selongsong menjadi lancar dan terhindar dari gesekan keras.

 

setel kopling
setel kopling

Tips mudah agar tali kopling tahan lama dan tidak mudah putus lainnya adalah dengan mengaplikasikan alat bernama tul. Tul ini ditambahkan di ujung tali kopling di bagian bawah. Fungsinya adalah sebagai perpanjangan tali kopling yang menghubungkannya dengan bak kopling. Dengan memakai alat ini, maka tekanan pada tali kopling dapat dikurangi dan usia pakai tali kopling pun menjadi lebih panjang.

Berikutnya, tips mudah agar tali kopling tahan lama dan tidak mudah putus lainnya yang dapat diterapkan adalah dengan melakukan settingan tingkat kekerasan kopling yang lembut . dengan settingan lembut, maka pengendara tidak perlu menekan tuas kopling terlalu dalam. Menekan tuas kopling terlalu dalam dapat berakibat pada semakin mudahnya tali kopling untuk putus.

Yang harus diingat lagi supaya beberapa tips mudah agar tali kopling tahan lama dan tidak mudah putus adalah hindari kebiasaan terlalu sering menahan tuas kopling, terutama di lampu merah karena tali kopling akan terus menerus menerima tekanan. Sebaiknya netralkan gigi dahulu sebelum berhenti di lampu merah.

Itulah beberapa tips mudah agar tali kopling tahan alam dan tidak mudah putus yang dapat diterapkan oleh siapa pun. Dengan kondisi tali kopling yang prima maka perjalanan pun juga akan lancar, tangan pun juga terhindar dari rasa pegal akibat penggantian gigi yang tidak maksimal.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

3 × four =