Tips Mengisi Bensin Pada Sepeda Motor Yang Benar Agar Tangki Bahan Bakar Tidak Mudah Berkarat  

 

mengisi bensin yang benar
mengisi bensin yang benar

Mengisi bensin mungkin sudah menjadi rutinitas biasa di masyarakat saat ini namun ada tips mengisi bensin pada sepeda motor yang benar agar tangki bahan bakar tidak mudah berkarat yang perlu Anda ketahui.

Tips mengisi bensin pada sepeda motor yang benar agar tangki bahan bakar tidak mudah berkarat yang pertama-tama harus Anda ketahui yakni jangan pernah membiarkan tangki bahan bakar motor Anda terlalu kosong. Jadi, jangan pernah menunggu hingga bensin hampir habis baru mengisi bensin karena ketika ruangan kosong tercipta di dalam tangki akibat bensin menyusut, maka bisa terjadi reaksi kimia antara uap bahan bakar dan oksigen sehingga akan membentuk kerak-kerak dan karat di dinding tangki.

Yang kedua, sebisa mungkin hindari membeli bensin di tempat penjualan eceran yang kurang terjamin kualitasnya karena campuran dari bahan-bahan tambahan yang kemungkinan ditambahkan secara sengaja oleh penjual curang akan mengurangi kualitas bensin dan dapat merusak tangki.

jangan sampai telat mengisi bensin, ini dia akibatnya tangki bagian dalam mudah berkarat
jangan sampai telat mengisi bensin, ini dia akibatnya tangki bagian dalam mudah berkarat

Salah satu tips mengisi bensin pada sepeda motor yang benar agar tangki bahan bakar tidak mudah berkarat lainnya adalah selalu matikan mesin motor ketika melakukan pengisian bensin. Selain menghindari terjadinya kerusakan pada dinding tangki bagian dalam akibat getaran, hal ini juga demi keselamatan karena jika mesin motor tetap dihidupkan saat mengisi bahan bakar dapat memicu terjadinya ledakan.

Untuk mengoptimalkan tips mengisi bensin pada sepeda motor yang benar agar tangki bahan bakar tidak mudah berkarat Anda bisa menguras tangki bensin motor Anda setiap beberap bulan sekali (minimal enam bulan sekali) untuk mengeluarkan serpihan kerak yang mendendap atau lapisan timbal dari bensin yang sifatnya sangat korosif bagi logam pelapis tangki bensin.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

10 − 4 =