Tips Cara Memanasi Mesin Motor Injeksi Secara Efisien, Baik dan Benar

memanaskan mesin motor injeksi
memanaskan mesin motor injeksi

Fungsi dari memanasi mesin motor sebelum diajak “lari” adalah agar sirkulasi oli pelumas mampu menjangkau part-part mesin sebelum motor benar-benar berjalan namun ada tips cara memanasi mesin motor injeksi secara efisien, baik dan benar karena motor injeksi memiliki perbedaan dibandingkan motor yang masih menggunakan karburator.

Pada mesin motor injeksi, tips cara memanasi mesin motor injeksi secara efisien, baik dan benar dapat dilakukan dengan cara memanasi mesin motor dalam keadaan putaran stasioner saja tanpa perlu menggeber gas. Sepeda motor jenis injeksi telah dilengkapi dengan peranti ECU yang dapat mengatur jumlah bahan bakar yang dibutuhkan sehingga walaupun tidak digeber sekalipun sudah cukup untuk membuat oli pelumas mesin injeksi bersirkulasi.

memanasi mesin motor injeksi maksimal 1 menit
memanasi mesin motor injeksi maksimal 1 menit

Perlu diingat bahwa tips cara memanasi mesin motor injeksi secara efisien, baik dan benar adalah jangan terlalu lama memanasi mesin karena akan sia-sia saja dan membuang bahan bakar. Cukup 1-5 menit menyalakan mesin dalam keadaan statis lalu motor injeksi pun sudah siap untuk diajak “lari.”

Tips cara memanasi mesin motor injeksi secara efisien, baik dan benar seperti di atas berguna untuk menghindari terjadinya panas berlebihan di area muffler/ knalpot sebelum motor dijalankan. Di samping itu, tentu saja bisa menghemat konsumsi bahan bakar karena memanaskan motor tanpa menggeber gas dan sebentar saja. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

15 − 7 =