Ternyata 4 Hal Ini Yang Menyebabkan Knalpot Motor Injeksi Ngebul

motorku.net – Ketika ketenaran sepeda motor 2tak dijamannya, asap yang ngebul keluar dari knalpot tidak menjadi masalah pada sepeda motor. Lain lagi ketika teknologi sepeda motor semakin maju dan berevolusi menjadi 4tak, bahkan sudah mengusung teknologi injeksi ini masih bisa mengeluarkan asap.

Memang sudah bisa dipastikan jika sebuah motor bermesin injeksi atau bermesin karburator mengeluarkan asap itu pertanda ada salah satu komponen yang rusak.

Secara umum, warna dan karakteristik asap yang keluar dari knalpot bisa dikelompokkan menjadi dua. Bisa jadi knalpot motor injeksi ngebul asap hitam atau ngebul asap putih. Masing-masing warna dan karakter asap ngebul dapat mewakili permasalah yang terjadi pada sepeda motor tersebut.

Knalpot Motor Injeksi Ngebul Asap Hitam

Knalpot motor injeksi yang mengeluarkan asap berwarna hitam pekat dengan bau cukup menyengat yang bisa membuat pusing jika kebanyakan terhisap dan membuat mata perih ini sering membuat pengendara lain gelisah. Hal ini disebabkan oleh sistem pembakaran yang tidak sempurna akibat bahan bakar yang berlebihan. Untuk mengatasi hal ini adalah dengan melakukan setting ulang CO.

Knalpot Motor Injeksi Ngebul Asap Putih

Dibandingkan dengan knalpot motor injeksi ngebul asap hitam, keluarnya asap putih justru jauh lebih kompleks lagi permasalahannya. Tidak hanya pada motor injeksi, knalpot motor lainnya yang ngebul asap putih ini dikarenakan oli mesin yang ikut terbakar di ruang mesin. Ikut terbakarnya oli mesin ini dikarenakan ada beberapa komponen mesin yang bermasalah.

Dan inilah 4 komponen yang ikut bermasalah :

1. Ring Piston Aus

ring piston motor injeksi

Hal ini terjadi dikarenakan usia pakai motor yang sudah lama atau tua. Yang secara otomatis oli mesin akan merembes keruang bakar dan ikut terbakar. Jika masalah ini terjadi cukup Anda ganti ring piston dengan ring piston yang baru dan tentunya ukurannya harus sama.

2. Piston Baret

piston motor injeksi baret

Hal ini terjadi karena telat mengganti oli, atau bahkan ada kotoran yang tercampur dengan oli sehingga dinding piston tergores. Hal ini terjadi karena secara otomatis oli mesin akan merembes lewat celah dinding piston yang baret tersebut dan kemudian ikut terbakar. Untuk masalah yang ini Anda bisa menggantinya dengan piston yang baru dan berukuran sama.

3. Sil Klep

sil klep motor

Sil klep yang usia pemakaiannya sudah cukup lama dan suhu mesin yang cukup tinggi ini bisa mengeluarkan asap putih dari knalpot. Hal ini membuat oli mesin yang berada di cylinder head akan turun ke ruang bakar yang setelah itu ikut terbakar. Solusi untuk masalah ini adalah dengan mengganti sil klep yang baru.

4. Celah Klep Bocor

celah klep bocor

Hal ini disebabkan karena adanya kotoran atau juga kerak sisa pembakaran yang menghambat bibir klep. Ini juga dikarenakan settingan klep sudah tidak rata lagi. Solusi masalah ini adalah sekir ulang celah klep. Saat skir ulang, sebaiknya jangan memakai amrile karena akan mengikis bibir klep dan setting klep cukup banyak. Jika ingin klep dan setting klep lebih awet, gunakan produk kompon yang tidak mengikis terlalu banyak. kecuali kalau ganti klep baru, skir klep pakai amrile lebih tepat.

Nah, itulah beberapa penyebab motor injeksi mengeluarkan asap. Sebaiknya jika Anda belum berpengalaman masalah mesin, langsung saja bawa motor ke bengkel terpercaya. Agar masalah tersebut cepat terselesaikan dan Anda bisa menjadi tenang. Dan semoga informasi diatas bisa menjadi referensi untuk Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

1 + 6 =