Tenaga motor yamaha mio sudah tidak seganas waktu baru dulu? mungkin ini penyebabnya

Salam Brotherhood. Mungkin Anda bertanya-tanya kenapa motor mio saya tidak seganas waktu pertama kali beli. Berikut akan kami paparkan alasan kenapa motor mio Anda tidak seganas waktu pertama kali beli.

servis-mio
sebab tenaga motor yamaha mio berkurang

1.Busi

Busi yang lama tidak diganti menjadi penyebab hilangnya tenaga motor. Karena busi tidak lagi menghasilkan percikan api yang konsisten. Hal ini disebabkan karena busi sudah kotor denganĀ  jelaga ataupun celah busi sudah tidak tepat lagi. Alangkah baiknya Anda mengganti dengan busi yang baru.

busi-mio
busi motor yamaha mio

2.Jarum Skep

Pengaturan jarum skep perlu dilakukan, karena tenaga mesin yang tidak lagi optimal bisa jadi disebabkan karena jarum skep yang terlalu tinggi. Jika Anda tidak dapat menyetelnya sendiri, sebaiknya Anda membawanya ke bengkel agar hasinya maksimal.

3.Saringan udara

Agar udara bisa masuk ke ruang bakar maksimal, Anda perlu membersihkan komponen saringan udara ini. Karena saringan udara ini berfungsi menyaring debu dan kotoran dari udara. Jadi, apabila tenaga motor berkurang, mungkin disebabakan ada banyak kotoran atau debu yang menempel pada saringan udara, sehingga menyebabkan asupan udara yang masuk ke ruang bakar terhalang.

filter-mio
saringan udara motor yamaha mio

4.Karburator

Didalam karburator terjadi proses pengabutan, yakni proses dimana bahan bakar bercampur dengan udara untuk melakukan pembakaran yang pada akhirnya akan menghasilkan tenaga untuk menggerakan sepeda motor. Oleh karenanya, kebersihan komponen ini perlu Anda perhatikan. Lakukan servis ringan secara rutin agar kebersihan karburator tetap terjaga.

karbu-mio
karburator motor yamaha mio

5.Knalpot

Knalpot merupakan jalan keluar pembuangan sisa dari pembakaran. Knalpot yang tersumbat kotoran hasil pembakaran akan menyebabkan tenaga motor mio Anda berkurang. Untuk itu, Anda perlu melakukan perawatan agar kebersihan dan performanya tetap terjaga.

knalpot-racing-mio
knalpot motor yamaha mio

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

15 − 3 =