Supaya Ban Dalam Tidak Terlipat, Perhatikan Hal Ini!

motorku.net – Pernah merasakan ban bocor lagi padahal baru kena tambal? Setelah dicek ternyata bukan kena tusuk paku atau benda tajam lain, melainkan ban dalam bocor lantaran terlipat atau tertekuk.

Bocor yang terjadi karena ban dalam terlipat bisa terjadi di mobil dan motor karena beberapa sebab. Salah satunya, karena salah ukuran ban dalam dan pas dipasang tidak sempurna. Namun bisa dicegah, ukuran ban dalam harus sesuai dengan ukuran ban luarnya dan pemasangan di pelek juga harus sempurna.

Untuk pemasangan ban ke pelek pun tidak bisa asal. Seringkali terjadi ban dalam dipasang dalam kondisi murni kosong. Hal ini yang sering luput selepas menambal ban di pinggir jalan.

Baca juga : Tutup Pentil Sembarangan Bisa Merusak Pelek

Padahal yang benar, saat ingin memasang ban ke pelek, ban dalam harus sudah terisi sedikit angin. Supaya permukaan ban tertarik dan tidak melipat ke dalam.

Lebih bagus lagi sebelumnya lapisan dalam ban luar dikasih bedan atau talk. Agar antara ban dalam dan lapisan dalam ban luar tidak seret.

Sudah tahu cara yang benar saat mengganti atau selepas menambal ban di pinggir jalan. Untuk itu selalu perhatikan saat proses pemasangan. Jangan ragu minta diulang jika dirasa belum sesuai standar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

3 × 1 =