Sirkuit Gedung Tua Dimanfaatkan Oleh Komunitas Cornnering Cilacap

motorku.net – Kita semua tahu kalau kebut-kebutan di jalanan umum itu sangat berbahaya. Selain membahayakan diri sendiri, kebut-kebutan di jalan juga membahayakan pengguna jalan yang lainnya. Karena itu, Cilacap Knee Down (CKD) yang merupakan komunitas cornering di Cilacap, Jawa Tengah berdiri.

Untuk sebagian orang pasti sudah tahu apa itu cornering, namun tak jarang masih awam mengenai cornering itu sendiri. Kebanyakan lebih up to date pada drag bike, road race, motogp, dan motocross.

Dilansir dari bekasicornering.wordpress.com, cornering merupakan keahlian untuk melewati berbagai bentuk tikungan dengan kecepatan optimal secara aman, bagi sebagian orang cornering identik dengan balapan seperti motogp. Padahal cornering adalah keahlian yang kita sebagai pengendara motor harus bisa menguasainya, agar saat kita dalam perjalanan kita  bisa lebih siap dan tidak kesulitan melewati atau menghadapi tikungan dengan kecepatan konstan agar waktu tempuh perjalanan bisa lebih cepat dari biasanya.

cornering

Jadi siapapun yang saat mengendarai motor melewati tikungan, mereka sebenarnya sudah melakukan cornering secara natural walaupun secara teknik caranya diluar teori yang seharusnya seperti counter sterring, kontrol gas, braking point, body position, dst.

Hanya saja sebagian bikers, menganggap cornering sebagai mereka yang merebahkan motor sampai lutut mengenai aspal, atau dikenal kneedown. Padahal kita semua sepakat bahwa cornering berbeda dengan kneedown, sedangkan kneedown sudah pasti terjadi karena melakukan cornering. Jadi cornering tidak harus kneedown, inilah yang harus ditanam pada diri kita.

Nah, Anda sudah paham bukan mengenai apa itu cornering?

Cilacap Knee Down (CKD) yang merupakan komunitas cornering di Cilacap ini memanfaatkan lahan parkir gedung tua di kawasan Industri Cilacap, CKD mengubahnya menjadi sirkuit dadakan yang bisa digunakan untuk menyalurkan hobi para pecinta balap. Meskipun treknya adalah trek beton, namun trek yang disebut Sirkuit Gedung Tua (SGT) ini mampu mewadahi para pecinta balap di wilayah Kabupaten Cilacap dan sekitarnya.

“Komunitas Cilacap Kne Down berdiri pada Januari tahun ini mas. Ini adalah wadah dari para pecinta cornering dan pecinta balap yang ada di Cilacap. Daripada kebut-kebutan di jalan, ya mendingan disalurkan di sini.” ujar Ian Irawan ketua CKD yang juga merupakan penggagas adanya komunitas ini.

latihan cornering di sirkuit gedung tua
latihan cornering di sirkuit gedung tua

Menurut Ian Irawan, anggota yang telah terdata di CKD sebenarnya hanya ada 20an anggota, namun saat waktu latihan mampu mencapai 70an para pecinta balap yang ikutan. Untuk waktu latihannya sendiri adalah setiap hari, karena latihan di sirkuit tersebut sudah mengantongi ijin dari kepolisian.

“Untuk anggota CKD yang tercatat hanya sekitar 20an anggota saja mas, namun di saat latihan ada banyak yang ikut, sekitar 70an. Waktu latihan adalah setiap hari, namun hari sabtu dan minggu adalah yang paling ramai,” ungkap Ian Irawan.

Dragster & Grasstracker Ikutan Nimbrung

Ternyata yang ikut dalam komunitas cornering ini tidak hanya para pecinta cornering saja. Namun, ada beberapa yang memang ingin menjadi pembalap road race, dan uniknya lagi ada dragster serta grasstracker yang ikutan nimbrung di sirkuit Gedung Tua ini. Wah pasti ramai dan seru saat latihan cornering ini.

Dior Codot saat berlatih cornering
Dior Codot saat berlatih cornering

“Pertama sih coba-coba saja, namun ternyata cukup mengasyikan sampai membuat ketagihan,” ujar Dior Codot salah satu joki drag bike terbaik dari Cilacap yang cukup rajin ikut latihan dengan motor Matic ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

fourteen − four =