Rajin Membersihkan Filter Motor Injeksi Akan Menjaga Performa Motor Tetap Prima

perawatan saringan udara
perawatan saringan udara                                                                                                                                                          

 

Filter udara pada motor injeksi adalah salah satu komponen penting walaupun sering dilupakan, padahal jika rajin membersihkan filter motor injeksi akan menjaga performa motor tetap prima. Mengapa filter udara penting? Karena pada bagian ini lah udara dari luar disedot dan disalurkan ke ruang pembakaran untuk dicampur dengan bahan bakar sebagai komposisi utama pembakaran yang menghasilkan power motor.

Filter udara bertugas untuk menyaring udara yang masuk ke ruang pembakaran dari debu dan kotoran agar tidak ikut terbawa masuk dan merusak bagian-bagian mesin. Seiring waktu, filter udara rentan menjadi kotor karena tiap hari bertugas menyaring udara, terutama jika motor sering dipakai untuk perjalanan jarak jauh. Lambat laun kotoran akan menumpuk di filter udara oleh karena itu disarankan rajin membersihkan filter motor injeksi akan menjaga performa motor tetap prima.

pembersihan karbu kotor
pembersihan karbu kotor

Sebenarnya kebiasaan rajin membersihkan filter motor injeksi akan menjaga performa motor tetap prima ini tidak sulit untuk dilakukan karena filter udara motor injeksi dan karburator pada umumnya tidak beda jauh. Untuk membersihkannya cukup melepaskannya saja dari box filter, lalu semprot dengan kompresor tekanan tinggi. Kotoran yang menumpuk pun akan segera rontok dan filter terbebas dari kotoran yang menghambat aliran udara.

Mencegah itu lebih baik daripada memperbaiki oleh karena itu rajin membersihkan filter motor injeksi akan menjaga performa motor tetap prima patut dijadikan sebagai kebiasaan dan rutinitas yang positif agar terhindar dari kerusakan mesin motor injeksi yang lebih parah karena debu dan kotoran yang masuk ke mesin. Semoga artikel ini bermanfaat ya.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

nineteen − 11 =