Periksa 6 Hal Ini Ketika Motor Sering Mogok Mendadak Di Jalan

motorku.net – Pasti pernah mengalami motor yang tiba-tiba mogok di jalan, rasanya nggak tak menyenangkan sekali bukan? Motor yang mogok mendadaj sebenarnya bisa membahayakan keselamatan sebagai pengendara dan sesama pengguna jalan. Namun, untuk mengatasi motor yang mogok secara mendadak pada saat berkendara seringkali menjadikan sebagian orang kebingungan, dikarenakan masih banyak yang kurang mengetahui tentang penyebab motor sampai bisa mogok mendadak.

Kali ini saya ingin memberikan beberapa penyebab paling umum mengapa motor Anda bisa sering mati mendadak di jalan. Berikut ini 6 penyebab motor sering mogok mendadak dan cara mengatasinya :

  • Penggunaan Bahan Bakar Beroktan Rendah
    Pemilihan bahan bakar juga menjadi pengaruh besar pada proses pembakaran setiap motor. Pemakaian oktan yang rendah akan menimbulkan jumlah timbal yang lepas dapat menyumbat klep sehingga motor mendadak mati. Seperti premium yang memiliki harga yang murah, padahal kadar oktannya sendiri 88 termasuk kategori oktan yang rendah.
    Cara mengatasi : Pilihlah bahan bakar dengan kadar oktan yang tinggi, diatas 92 seperti Pertamax. Dengan tingkat oktan yang tinggi maka proses pembakaran akan lebih sempurna dan tingkat polutan yang dihasilkan juga kecil.
  • Filter Udara Yang Kotor
    Fungsi dari filter udara adalah untuk menyaring agar udara yang masuk ke dalam ruang bakar tidak bercampur dengan partikel-partikel kotoran dan debu, supaya campuran udara dan BB< lebih sempurna. Apabila kondisi filter udara kotor maka akan berakibat pada tarikan gas motor yang menjadi berar dan motor akan mendadak mati atau mogok. Filter udara menjadi kotor dapat disebabkan kerena usia pemakaian yang sudah lama.
    Cara mengatasi : Pastikan sering mengecek kondisi saringan udara. Motor matic sekarang sudah menggunakan filter udara jenis basah dimana filter udara ini tidak bisa dibersihkan namun harus langsung diganti. Sisi positifnya adalah filter udara ini lebih tahan dibanding filter udara kering yang harus dibersihkan secara berkala.
  • Setelan Klep Tidak Tepat
    Penyebab motor yang tiba-tiba mati diakibatkan dari setelan klep yang terlalu rapat. Bila celah klep terlalu rapat, mesin akan cepat panas dan akselerasi menjadi berkurang. Kerenggangan klep ini sangat penting, makanya setiap motor diberikan  rentang ukuran yang sudah di standarkan sesuai dengan spesifikasi mesin.
    Cara mengatasi : Ketidakcocokan settingan klep in dan ex ini bisa memperpendek masa pakai. Selain ikuti celah standar pabrikan, penyetelan harus dilakukan ketika mesin dalam keadaan dingin. Segera bawa motor ke bengkel terpercaya untuk diseting sesuai dengan standarmotor karena satuan yang digunakan adalah milimeter.
  • Mesin Terlalu Panas atau Overheat
    Salah satu penyebab overheat motor adalah sirkulasi oli di dalam mesin yang tersumbat. Ring piston menjadi kering sehingga motor akan mendadak mati. Suhu panas tersebut muncul dari sistem pembakaran atau dari gesekan-gesekan yang terjadi antara pistond an liner boring. Panas tidak mampu diredam dengan pelumas sehingga suhu cepat naik, akibatnya piston memuai dan macet pad liner boring.
    Cara mengatasi :
    Tunggulah mesin sampai benar-benar dingin. Lalu lepaskan busi, masukkan oli yang baru melalui lubang busi. Ini berguna untuk melumasi piston yang tersumbat. Setelah mesin dingin dan oli telah dimasukkan, nyalalan motor menggunakan starter elektrik.
  • Komponen Pengapian Mati
    Hilangnya pengapian juga menjadi salah satu penyebab sepeda motor yang mendadak mati. Percikan api dalam pengapian ini berfungsi membakaar uap bahan bakar yang masuk ke ruang pembakaran. Di ruang pembakaran inilah motor bisa memperoleh daya gerak. Jia api hilang maka akan berdampak tidak ada proses pembakaran dan mesin pun tidak akan hidup. Untuk mencari penyebab dari hilangnya api, haruslah mendeteksi satu per satu komponen pengapian motor, mulai dari busi, koil, CDI, sepul dan lainnya.
  • Tutup Tangki Tersumbat
    Pada tutup tangki terdapat lubang kecil yang berfungsi sebagai ventilator atau pernafasan. Apabila lubang kecil tersumbat akan berakibat hilangnya sirkulasi udara sehingga bahan bakar tidak turun atau mengalir.
    Cara mengatasi : Pastikan lubang ventilator tutup tangki bersih dn tidak tersumbat. Gunakan udara bertekanan atau kompresor untuk membuang kotoran yang menyumbat lubang.

Nah, 6 hal diatas merupakan hal yang paling umum yang menyebabkan motor sering mogok dijalan. Ingat bahwa ini tidak berlaku bagi motor yang mati total yang artinya tidak bisa distarter lagi.

Apabila motor yang mogok masih tidak bisa diperbaiki, sebaiknya bawa motor ke bengkel resmi terdekat agar dapat dicek secara langsung oleh mekanik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

19 + sixteen =