Perbedaan antara mesin motor 4 tak dan mesin motor 2 tak yang perlu kamu tahu

Dalam dunia otomotif pasti banyak yang mengenal istilah 2 tak atau 4 tak. Secara nama, jelas artian keduanya berbeda, khususnya dalam hal mesin motor. Perbedaan yang mendasar dengan kedua jenis mesin ini jelas terlihat pada usianya. Dilihat dari usianya saja, mesin motor 2 tak lebih tua daripada 4 tak (four stroke engine). Pemakaiannya sekarang ini juga mulai jarang dan pabrik juga sudah beralih ke penggunaan mesin 4 tak.

Lalu apa perbedaan mesin motor 4tak dan 2tak?

Dalam pengkajian secara umum perbedaan mesin motor 4tak dan 2tak terlihat dari bentuk mesin, lalu pengapian, serta efisiensi bahan bakar serta bahan tenaga yang dihasilkan., Secara signifikan berikut perbedaan mesin motor 4tak dan 2tak yang harus Anda ketahui. Berikut penjelasannya.

 

Mesin 2 TAK

Mesin motor 2tak memiliki arti bahwa untuk mendapat 1 x usaha membutuhkan1 x putaran crankshaft dengan 2 x gerakan piston naik dan turun. Mesin 2tak memiliki konstruksi cukup simple dimana terdapat piston, crankcase, katup masuk, saluran bilas dan saluran buang.

Cara kerja yang terdapat dalam mesin 2 tak adalah langkah hisap dan langkah kompresi. Piston bergerak dari titik TMB ke titik TMA. Membran terbuka dan campuran bahan bakar warna hijau masuk ke dalam crankcase melalui karburator. Sedangkan campuran bahan bakar warna merah dikompresi oleh piston dan siap diberi percikan api oleh busi.

Sedang langkah usaha, pembilasan dan langkah pembuangan. Cara kerjanya, bahan bakar yang diberi percikan api tersebut terjadi ledakan sehingga memaksa piston bergerak naik turun dan membuat campuran dalam bahan bakar hijau dalam membran crankcase tertekan.

Sedang sisa campuran lainnya akan masuk menuju bagian atas piston melewati saluran bilas, dan mendorong gas sisa pembakaran bahan bakar kemudia keluar. Cara kerja inilah yang menjadi salah satu perbedaan mesin motor 4tak dan 2tak.

 

Mesin 4 TAK

Dalam kontruksi mesin sudah terlihat jelas perbedaan mesin motor 4tak dan 2tak. Pada mesin 4tak terdapat 1 x usaha dibutuhkan 2 x putaran poros engkol, serta 4 gerakan piston turun naik turun naik.

Langkah kerja mesin 4tak memiliki 2 katup dan campuran bahan bakar pada bagian atas piston. Langkah hisap piston bergerak dari TMA ke TMB. Katup terbuka dan katup tertutup (katup buang). Campuran silinder dan bahan bakar semuanya masuk ke silinder. Sedangkan piston bergerak kedua katup akan tertutup. Kemudia campuran dalam silinder siap diberikan percikan api.

Combustion akibat percikan api terjadilah ledakan yang membuat piston bergerak dari TMA ke TMB. Dan dari sinilah proses tenaga dissalurkan untuk memutar roda. Sedangkan langkah buang dari gas sisa didorong oleh piston untuk melewati knalpot. Itulah perbedaan mesin motor 4tak dan 2tak dari cara kerjanya. Selain itu, perbedaan mesin motor 4tak dan 2tak juga nampak pada hematnya bahan bakar.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

two + three =