Penyebab Batok Kepala Sepeda Motor Mudah Oblak

 

Penyebab Batok Kepala Sepeda Motor Mudah Oblak
Penyebab Batok Kepala Sepeda Motor Mudah Oblak

Tentu mengesalkan jika batok kepala motor Anda oblak karena selain menimbulkan suara berisik juga rawan rontok oleh karena itu ketahui penyebab batok kepala sepeda motor mudah oblak. Memang ada beberapa anggapan di masyarakat bahwa salah satu pabrikan tertentu memiliki kelemahan dalam hal batok kepala yang mudah oblak, namun hal itu dapat terjadi di setiap sepeda motor lainnya tak peduli apa pabrikannya.

Penyebab batok kepala sepeda motor mudah oblak yang paling lazim ditemui adalah kerusakan atau aus yang terjadi pada suspensi depan sepeda motor. Kita tahu bahwa suspensi motor berfungsi untuk meredam getaran yang terjadi ketika motor melibas jalanan yang kurang rata atau bergelombang.

mengatasi penyebab batok kepala sepeda motor mudah oblak
penyebab batok kepala sepeda motor mudah oblak

Untuk mengatasi penyebab batok kepala sepeda motor mudah oblak yang pertama-tama harus dilakukan adalah mengecek kondisi suspensi depan sepeda motor. Cek apakah shock breaker masih berfungsi dengan baik, yakni ketika mendapatkan tekanan dapat kembali ke bentuk semula atau tidak.

Jika suspensi depan tidak bisa bekerja dengan baik, periksa lah kadar oli pelumas yang ada di dalam suspensi karena oli pelumas yang kurang dapat menurunkan kinerja peredam kejut di motor anda. Periksa juga karet seal shock breaker-nya apakah mengalami kebocoran atau tidak karena jika bocor maka percuma saja anda mengganti dan mengisi oli pelumas shock.

Periksa pula bagian per shock serta selongsong shock apakah terdapat baret-baret atau bahkan berkarat karena hal itu dapat melukai dinding tabung shock breaker bagian dalam sehingga suspensi motor tidak dapat bekerja maksimal. Segera ganti dengan yang baru jika mendapatkan masalah tersebut karena kerusakan dan aus yang terjadi pada suspensi depan sepeda motor merupakan penyebab batok kepala sepeda motor mudah oblak yang paling lazim ditemui.       

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

15 + ten =