Modifikasi mesin motor KLX 150 siap trabas dan adventure

Salam Brotherhood. Bagi orang yang masih awam dengan motor trail, mungkin bakal banyak yang mengira bahwa motor KLX 150 adalah motor yang cukup andal dalam melibas tanjakan. Padahal dalam kondisi standar, motor KLX 150 ini masih belum mampu untuk kegiatan trabas maupun advanture. Namun kalau untuk advanture yang ringan-ringan motor ini masih sanggup. Kalau untuk advanture yang lebih berat, harus dilakukan modifikasi agar motor KLX 150 lebih kuat di jalur advanture. Berikut beberapa komponen yang harus diubah agar mampu bermain di trabas maupun advanture.

klx-trabas
klx 150 advanture

1.Mengganti Knalpot

Torsi dan tarikan KLX 150 memang tidak terlalu kuat. Namun salah satu cara untuk mengatasinya yakni dengan mengganti knalpot standar dengan knalpot model free flow. Ada banyak knalpot model free flow yang di jual dipasaran. Harga yang di tawarkan juga bervariasi, mulai dari ratusan ribu hingga jutaan rupiah. Anda juga bisa mengcustom knalpot sesuai dengan keinginan Anda. Jadi, tinggal menyesuaikan dengan budget yang Anda miliki.

knalpot-klx-free-flow
knalpot klx 150 model free flow

2.Mengganti Karburator

Biasanya, ketika memasang knalpot model free flow, bersamaan juga mengganti karburator yang memiliki venturi yang lebih besar. Karburator pada KLX 150 standar memiliki venturi 24 mm. Ukuran tersebut masih dianggap terlalu kecil, sehingga tenaga yang dikeluarkan juga tidak terlalu maksimal. Ditambah lagi karburator ini masih mengganakan tipe vakum, yang membuat respon yang dari tarikan gas tidak bisa instan. Dengan mengganti karburator standar dengan karburator berventuri lebih besar (28mm) akan membuat tenaga motor KLX 150 Anda meningkat.

karburator-klx
karburator untuk klx 150

3.Mengganti Ban

Ban standar dari KLX 150 bertipe ban dual purpose. Artinya, ban ini memiliki kemampuan 50% di medan offroad dan 50% di medan on road. Memang ban ini masih bisa untuk kegiatan advanture, tapi hanya untuk advanture yang ringan-ringan saja. Solusi untuk mengatasi hal tersebut, yakni dengan mengganti ban standar dengan ban advanture. Seperti halnya knalpot, harga ban juga bervariasi. Jadi, tetap sesuaikan dengan budget yang Anda miliki.

ban-klx
ban advanture klx 150

4.Mengganti Gear

Agar tarikan motor KLX 150 lebih maksimal, ada baiknya untuk mengubah rasio gear standar motor KLX 150 Anda. Pengubahan rasio gear dapat Anda lakukan dengan cara mengganti gear belakang dengan ukuran yang lebih besar dari ukuran gear belakang standar dan mengganti gear depan dengan ukuran yang lebih keci dari ukuran gear depan standar.

gear-klx
gear untuk klx 150

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

five × 3 =