Mesin Motor Kamu Jadi Sering Mati Saat Di Jalan? Mungkin Ini Salah Satu Penyebabnya

Motor Anda pernah mogok di jalan? Pastinya kejadian seperti motor mogok bakal membuat siapapun merasa kesal. Bukan hanya itu saja, motor yang mogok di jalan tentu bisa membahayakan keselamatan pengendara motor itu sendiri atau bahkan pengguna jalan lainnya. Untuk itulah kali ini kita akan membahas berbagai penyebab mesin motor sering mati di jalan.

Lalu, sebenarnya apa penyebab mesin motor sering mati di jalan?

Kebanyakan orang belum mengetahui apa penyebabnya, karena itulah sebagai pengendara bermotor harus terus waspada dengan kendaraannya. Jangan sampai terjadi masalah dengan kendaraan saat sedang dikendarai di jalan. Lebih lengkapnya, berikut berbagai penyebab mesin motor sering mati di jalan yang perlu diketahui:

  1. Bahan bakar yang dipergunakan beroktan rendah

Proses pembakaran setiap motor dipengaruhi oleh pemilihan jenis bahan bakar yang digunakan untuk motor anda. Biasanya jika pemakaian oktannya terlalu rendah yang ada hanya akan menyumbat klepnya sehingga motor pun bisa mendadak mati. Nah, untuk mengatasi hal tersebut, anda perlu memilih bakar bakar yang memiliki kadar oktan yang terbilang tinggi diatas 92 seperti halnya pertamax.

  1. Filter udaranya yang kotor

Filter udara yang kotor juga menjadi penyebab mesin motor sering mati di jalan. Filter udara memiliki fungsi agar udara yang masuk kedalam ruang bakar bisa tersaring dan tidak bercampur dengan partikel kotoran dan juga debu. Tanpa hal tersebut, campuran antara udara dan juga BBM bisa sempurna. Jika filter udaranya kotor, otomatis tarikan gas motor terasa semakin berat, bahkan motor pun bisa mendadak mati.
Biasanya jika filter udaranya kotor, hal ini disebabkan oleh pemakaian yang sudah terlalu lama. Anda bisa mengatasi masalah ini dengan sering mengecek kondisi saringan udaranya.

  1. Setelan klep yang tidak tepat.

Penyebab mesin motor sering mati di jalan biasanya juga disebabkan oleh setelan klepnya yang terlalu rapat. Hal ini bisa menyebabkan mesinnya akan cepat panas dan akselerasinya pun bakalan terlampau kurang. Kerenggangan ini sangatlah penting dan biasanya disesuaikan dengan spesifikasi mesin motor.

  1. Mesin yang terlalu panas atau overheat

Hal ini biasanya disebabkan karena sirkulasi oli yang berada dalam mesinnya tersumbat. Sehingga ring pistonnya jadi kering dan motor pun bisa mendadak mati. Untuk mengatasinya penyebab mesin motor sering mati di jalan ini, anda perlu menunggu mesinnya agar benar-benar dingin terlebih dulu. Kemudian lepaskan businya dan memasukkan oli yang masih baru kelubang busi.

  1. Komponen pengapian mati

Hal ini juga termasuk penyebab mesin motor sering mati di jalan. Biasanya dikarenakan hilangnya percikan api saat pengapian.

  1. Tutup tangki yang tersumbat.

Biasanya pada tutup tangki terdapat lubang kecil yang berfungsi sebagai ventilator. Jika lubang tersebut tersumbat, sudah pasti sirkulasi udaranya hilang. Jadi, pastikan agar ventilatornya selalu bersih.

Itulah tadi berbagai hal yang menjadi penyebab mesin motor sering mati di jalan. Jadi antisipasilah berbagai hal yang mungkin terjadi pada motor anda. Jika merasa ada yang terasa tidak beres, segeralah bawa motor ke bengkel agar tidak terjadi hal tersebut

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

one × 2 =