Melakukan Pemanasan Sebelum Berkendara Jarak Jauh Itu Penting Agar Otot Rileks

Yang Hobi Touring Jarak Jauh
Yang Hobi Touring Jarak Jauh

Hobi touring jarak jauh? Perhatikan persiapan fisik Anda dan sebaiknya lakukan pemanasan karena melakukan pemanasan sebelum berkendara jarak jauh itu penting agar otot rileks. Dengan otot yang rileks, maka fokus dan konsentrasi saat berkendara menjadi lebih terjaga karena otak tidak terbebani oleh rasa pegal dan kram yang mendera otot yang masih kaku akibat tidak melakukan pemanasan.

Melakukan pemanasan sebelum berkendara jarak jauh itu penting agar otot rileks dan cukup dilakukan dengan gerakan-gerakan yang simpel dan tidak membutuhkan waktu yang lama. Anda dapat melakukan pemanasan sembari menunggu motor panas. Perhatikan, motor saja butuh pemanasan, masa rider-nya tidak pemanasan? Benar kan?

Agar Otot Rileks Pemanasan Sebelum Berkendara Jarak Jauh Itu Amat Sanagat Penting
Agar Otot Rileks Pemanasan Sebelum Berkendara Jarak Jauh Itu Amat Sanagat Penting

Gerakan pemanasan sebelum touring yang dapat Anda lakukan yakni pertama-tama lakukan peregangan di berbagai persendian tubuh seperti leher, lengan, sikut, pergelangan tangan, pinggang, pangkal paha, lutut hingga sendi mata kaki. Gunanya agar otot-otot persendian lentur dan tidak kaget saat melakukan touring jarak jauh.

Ketika dirasa sudah cukup peregangan pada sendi-sendi tubuh, Anda dapat mulai fokus pada bagian-bagian tubuh yang sekiranya bakal bekerja keras saat touring seperti pergelangan tangan, otot lengan, pundak, otot punggung dan paha yang selama touring bakal terus menerus tegang. Tidak perlu melakukan gerakan yang berat, cukup lakukan gerakan-gerakan ringan agar otot siap beraktivitas. Gerakan yang cocok dilakukan adalah senam ringan saja.

Demikian sedikit tips melakukan pemanasan sebelum berkendara jarak jauh itu penting agar otot rileks. Dengan pemanasan yang baik dan benar, Insyaallah perjalanan touring Anda akan lancar dan nyaman tanpa kendala otot mengalami kram, kesemutan dan kebas. Ingat, jika merasa lelah sebaiknya beristirahat terlebih dahulu agar otot-otot tubuh kembali rileks. Salam touring!

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

2 + 5 =