Langkah Simpel dan Mudah Supaya Motor Menjadi Irit Bahan Bakar

Tips bahan bakar menjadi irit
Tips bahan bakar menjadi irit

Harga bahan bakar minyak (BBM) yang setiap tahun mengalami kenaikan tentu membuat para pemilik motor harus pandai-pandai berhemat, namun ada langkah simpel dan mudah supaya motor menjadi irit bahan bakar. Trik ini tentunya sangat bermanfaat bagi Anda yang setiap harinya beraktivitas menggunakan sepeda motor.

Langkah simpel dan mudah supaya motor menjadi irit bahan bakar ini sengaja saya bahas sebagai panduan bagi siapa saja yang ingin memaksimalkan potensi irit bahan bakar di motornya namun kurang memahami seluk beluk mesin sepeda motor karena trik ini dapat dilakukan oleh siapa saja tanpa harus memahami mesin sepeda motor.

cara ampuh bikin motor irit bensin
cara ampuh bikin motor irit bensin

Berikut ini beberapa langkah simpel dan mudah supaya motor menjadi irit bahan bakar:

  1. Atur settingan gas dan karburator pada level minimal sehingga konsumsi bahan bakar menjadi lebih irit. Tentu saja power yang dihasilkan oleh motor menjadi menurun sebagai konsekuensi dari makin iritnya konsumsi bahan bakar.
  2. Hindari pemasangan aksesoris berlebihan pada motor karena akan menambah bobot motor. Motor yang lebih berat tentu membutuhkan tenaga yang lebih besar sehingga memerlukan konsumsi bahan bakar yang lebih banyak.
  3. Rutin mengganti oli pelumas mesin setiap 1-2 bulan sekali. Penggantian oli pelumas mesin yang rutin akan mengurangi gesekan di dalam mesin sehingga kinerja mesin menjadi lebih optimal dan tidak membutuhkan konsumsi bahan bakar yang lebih boros.
  4. Gunakan produk carbon cleaner yang terpercaya untuk memaksimalkan kualitas bahan bakar yang digunakan. Produk carbon cleaner yang bagus dapat mengurangi kandungan carbon yang terkandung dalam bahan bakar sehingga proses pembakaran di dalam dapur pacu menjadi lebih sempurna dan efisien. Imbasnya, konsumsi bahan bakar pun lebih irit.
  5. Jangan terlalu sering mengubah-ubah kecepatan motor secara mendadak. Memacu motor dalam kecepatan konstan akan membuat kinerja mesin stabil dan pasokan bahan bakar yang dibutuhkan pun stabil. Alhasil, konsumsi bahan bakar pun menjadi lebih irit.

Beberapa langkah simpel dan mudah supaya motor menjadi irit bahan bakar di atas dapat dipraktekkan oleh siapa pun karena cukup mudah tanpa harus mengubah atau memodifikasi mesin motor. Dengan mempraktekkan beberapa hal tersebut, tentu saja konsumsi bahan bakar pada motor dapat lebih dihemat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

20 − six =