Klasemen MotoGP : Maverick Vinales Gusur Posisi Valentino Rossi Dan Dani Pedrosa

motorku.net – Perubahan yang sangat besar terjadi pada puncak klasemen sementara MotoGP 2017 setelah balapan MotoGP Prancis di Sirkuit Le Mans, Minggu (21/5/2017). Maverick Vinales berhasil keluar menjadi juara, dia mampu menggusur posisi Valentino Rossi dari puncak klasemen.

Dengan tambahan 25 poin, kini Vinales memimpin klasemen sementara pembalap MotoGP 2017 dengan perolehan 85 poin. Vinales unggul 17 poin atas Dani Pedrosa yang menempati posisi kedua.

maverick vinales
maverick vinales

Sementara Rossi harus rela merosot ke posisi ketiga. Rossi tetap mengantongi 62 poin setelah gagal finish pada balapan MotoGP Prancis. Pada lap terakhir balapan, Rossi terjatuh. Padahal selama balapan, pembalap dengan julukan The Doctor ini sempat bersaing di barisan depan. Start dari urutan kedua, Rossi bersaing ketat dengan Johann Zarco. Di lap pamungkas, pembalap asal Italia ini melebar dan mudah dilewati oleh Vinales. Ketika hendak mengejar dengan menggeber gas, yang ada Rossi malah terjatuh di tikungan 11 dan sulit melanjutkan balapan.

valentino rossi
valentino rossi

Nasib yang sama juga tengah dialami oleh Marc Marquez. Pembalap Repsol Honda yang start di urutan kelima ini juga tak menambah satu poin pun setelah terjatuh di Le Mans. Padahal, Marquez memiliki kecepatan yang cukup bagus sejak latihan bebas pertama MotoGP Prancis. Catatan waktunya menjadi yang tercepat kedua di dua sesi pertama latihan bebas. Ia juga memiliki bekal yang untuk kualifikasi pada latihan bebas ketiga. Sayangnya, Dewi Fortuna sedang tidak berpihak pada pengoleksi tiga gelar juara dunia MotoGP ini.

Meski mampu melanjutkan sesi kualifikasi, Marquez terbukti kehilangan waktu untuk meningkatkan kecepatan. Dan pada akhirnya, dia harus mengakui keunggulan dua pembalap Movistar Yamaha, Maverick Vinales dan Valentino Rossi. Dengan tidak menambah poin, Marquez tetap berada di posisi keempat dengan 58 poin.

marquez di belakang salah satu pembalap yamaha
marquez di belakang salah satu pembalap yamaha

Namun, posisi Marquez ini sekarang sedang diancam oleh Johann Zarco. Finish kedua di MotoGP Prancis membuat penerus Valentino Rossi itu kini menempati posisi kelima dengan perolehan 55 poin, terpaut tiga angka dari Marquez.

Kendati Vinales unggul 17 poin di puncak klasemen dari pembalap urutan kedua, namun persaingan menuju juara dunia MotoGP masihlah sangat panjang karena menyisakan 13 seri lagi hingga akhir 2017. WOW!!

Dan, juara MotoGP Prancis, Maverick Vinales, mengaku siap berduel dengan Valentino Rossi pada balapan selanjutnya, di Mugello, dua pekan mendatang. “Saya tahu Mugello bakal sangat sulit karena Valentino sangat spesial di sana. Tapi, trek Mugello sangat cocok dengan gaya membalap saya dan juga bagi Yamaha,” ujar Maverick Vinales setelah balapan MotoGP Prancis.

Tentunya MotoGP Mugello akan menjadi ajang balapan panas antara Vinales, Rossi, Pedrossa, Marquez, Johann. Dengan aksi pembalasan antara Rossi dan Marquez.

MotoGP seri berikutnya akan digelar di sirkuit Mugello, Italia, pada 4 Juni 2017. Kita tunggu saja siapa yang akan menjadi juara dan menduduki puncak klasemen di MotoGP Sirkuit Mugello, Italia.

Klasemen sementara MotoGP 2017 usai Seri Prancis:
1. Maverick VIÑALES – Yamaha – 85
2. Dani PEDROSA – Honda – 68
3. Valentino ROSSI – Yamaha – 62
4. Marc MARQUEZ – Honda – 58
5. Johann ZARCO – Yamaha – 55
6. Andrea DOVIZIOSO – Ducati – 54
7. Cal CRUTCHLOW – Honda – 40
8. Jorge LORENZO – Ducati – 38
9. Jonas FOLGER – Yamaha – 38
10. Jack MILLER – Honda – 29
11. Danilo PETRUCCI – Ducati – 26
12. Scott REDDING – Ducati – 26
13. Loris BAZ – Ducati – 19
14. Aleix ESPARGARO – Aprilia – 17
15. Andrea IANNONE – Suzuki – 15
16. Alvaro BAUTISTA – Ducati – 14
17. Tito RABAT – Honda – 13
18. Hector BARBERA – Ducati – 12
19. Karel ABRAHAM – Ducati – 9
20. Alex RINS – Suzuki – 7
21. Pol ESPARGARO – KTM – 6
22. Bradley SMITH – KTM – 6
23. Sam LOWES – Aprilia – 2
24. Sylvain GUINTOLI – Suzuki – 1

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

4 + 5 =