Jangan Sampai Salah Pakai Cairan Pembersih Sepeda Motor Karena Fungsinya Berbeda

cairan pembersih mesin sepeda motor ada tiga jenis yakni engine cleaner, engine degreaser dan engine flush
cairan pembersih mesin sepeda motor ada tiga jenis yakni engine cleaner, engine degreaser dan engine flush

Merawat motor memang gampang-gampang susah karena walaupun kini sudah banyak produk cairan kimia sakti pembersih sepeda motor tetapi jangan sampai salah pakai cairan pembersih sepeda motor karena fungsinya berbeda.

Meskipun sekilat terlihat mirip, jangan sampai salah pakai cairan pembersih sepeda motor karena fungsinya berbeda. Kenali dulu karakter cairan pembersih itu, kumpulkan informasi dan baca aturan penggunaan sebelum menggunakan cairan pembersih. Lebih baik mengikuti instruksi yang tertera di botol kemasan produk tersebut daripada memakainya untuk pemakian yang tidak semestinya.

Jangan Sampai Salah Pakai Cairan Pembersih Sepeda Motor Karena Fungsinya Berbeda
Jangan Sampai Salah Pakai Cairan Pembersih Sepeda Motor Karena Fungsinya Berbeda

Harus diingat jangan sampai salah pakai cairan pembersih sepeda motor karena fungsinya berbeda ya masbro.  Untuk sektor mesin, tentu saja akibatnya bisa fatal jika salah memakai cairan pembersih. Secara umum, cairan pembersih mesin sepeda motor ada tiga jenis yakni engine cleaner, engine degreaser dan  yang ketiganya memiliki karakter dan fungsi yang jauh berbeda meskipun sama-sama bertugas membersihkan kotoran.

Engine cleaner merupakan formula cairan pembersih yang digunakan untuk membersihkan bagian dalam ruang bakar. Pemakaiannya yakni dengan cara disemprotkan di bagian injektor atau karburator. Dengan bahan solvent, enginge cleaner cukup ampuh untuk melarutkan kerak dan karbon sisa pembakaran yang menempel di ruang bakar.

Beda halnya dengan enginge degreaser yang digunakan untuk melunturkan kerak, kotoran dan debu yang menempel di dinding mesin bagian luar. Biasanya debu yang bercampur dengan oli kerap menempel di luar mesin dan sulit untuk dibersihkan dengan air atau sabun biasa. Dengan menggunakan engine degreaser, kerak yang terdiri dari sisa oli dan debu kering itu dapat dengan mudah dirontokkan.

Yang terakhir, engine flush, sesuai dengan namanya tentu saja sifatnya adalah membersihkan dengan cara membilas di bagian dalam. Engine flush adalah sejenis deterjen khusus yang diformulasikan untuk merontokkan kotoran di dalam mesin. Ia bekerja seperti oli pelumas, yakni dituangkan melalui lubang masuk oli, kemudian mesin motor dinyalakan selama sekitar 15 menit agar cairan ini menyebar ke seluruh bagian komponen mesin. Setelah dirasa cukup, matikan mesin motor lalu buka baut pembuangan oli, maka kotoran yang menempel di bagian dalam mesin akan keluar bersama cairan itu.

Setelah mengetahui beberapa jenis cairan pembersih sepeda motor di atas maka jangan sampai salah pakai cairan pembersih sepeda motor karena fungsinya berbeda. Sebagai tambahan, hindari pula pemakaian cairan kimia yang mengandung silikon seperti pengkilap body motor di jok motor karena sifatnya membuat permukaan menjadi licin.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

1 × three =