Ini Dia Bahayanya Memasang Ban Tubeless di Velg Racing Biasa

pemasangan ban tubless
pemasangan ban tubless

Banyak biker yang sengaja mengganti ban standar motornya dengan ban tipe tubeless alias tanpa ban dalam namun ternyata ada efek sampingnya dan ini dia bahayanya memasang ban tubeless di velg racing biasa.

Karena minimnya pengetahuan para biker tentang perbedaan antara velg racing biasa yang diperuntukkan bagi ban standar yang menggunakan ban dalam dengan velg racing yang khusus diperuntukkan bagi ban tubeless yang tidak menggunakan ban dalam, maka banyak orang mengganti ban standar dengan ban tubeless tanpa mengganti velg-nya, padahal ada resiko yang mengintai dibalik itu.

Oleh karena itu lah, perlu bagi kita untuk mengetahui ini dia bahayanya memasang ban tubeless di velg racing biasa agar terhindar dari resiko kecelakaan fatal di perjalanan. Perbedaan antara velg racing biasa dengan velg racing khusus ban tubeless adalah pada tonjolan/ benjolan pada velg khusus ban tubeless yang fungsinya adalah untuk mengunci bibir ban tubeless yang dalam istilah teknisnya disebut dengan double flat hump. Pada velg racing biasa, tidak dilengkapi dengan tonjolan pengunci semacam itu.

efek pemakaian ban tubeless
efek pemakaian ban tubeless

Ini dia bahayanya memasang ban tubeless di velg racing biasa karena velg racing biasa tidak dilengkapi dengan double flat hump sehingga bibir ban tubeless tidak dapat terkunci rapat di velg seperti pada velg racing khusus untuk ban tubeless. Resikonya, angin akan mudah keluar melalui celah antara bibir ban dan velg.

Angin yang mudah keluar dari celah antara bibir ban tubeless dan velg racing biasa itu lah yang menjadi ini dia bahayanya memasang ban tubeless di velg racing biasa karena tekanan ban mudah berkurang dan mempengaruhi kestabilan motor ketika dipacu dalam kecepatan tinggi. Hal itu dapat menjadi fatal ketika melibas jalanan yang tidak rata atau lubang karena tekanan pada ban dapat mendorong angin keluar lebih banyak dari celah tersebut dan ban motor pun mendadak kempis.    

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

one + eighteen =