Contoh modifikasi mesin motor Yamaha Jupiter Z yang bisa meningkatkan tenaga mesin motor secara signifikan

Modifikasi mesin Jupiter Z terbaru dengan mengutamakan peningkatan tenaga dan performa yang siginifikan dapat dilakukan dengan mudah dan dengan biaya yang sedikit murah. Dengan bodi motor bebek yang dirancang memang khusus untuk kecepatan tinggi ini memudahkan modifier mengubah tampilan serta kondisi mesin menjadi lebih mumpun. Hal ini terbukti banyaknya drag race yang menggunakan motor modifikasi mesin Jupiter Z. Cara bore-Up salah satu membuat modifikasi mesin Jupiter Z lebih kencang.

Beberapa peralatan yang perlu disiapkan adalah sebagai berikut: piston, porting polish, system pengapian, karburator, dan silinderhead, serta tak lupa yang paling penting adalah Noken As. Beberapa peralatan/ suku cadang tersebut harus disiapkan terlebih dahulu. Setelah semuanya tersedia, berikut cara modifikasi mesin Jupiter Z sebagai berikut.

  1. Piston
    Jupiter Z Oversize 100 menggunakan perubahan piston 52mm dari standart pabriknya 49mm. dengan adanya penambahan tersebut tenaga yang dihasilkan mencapai 114,7cc dan tetap liner aman dalam batas aman. Dome piston harus diubah ulang bentuknya dengan pembubutan pinggir piston bekisar 1,5mm sejauh 7mm. derajat kemiringan dome 45 derajat, serta coakan klep diperdalam dengan 0.5-1m. Dengan begitu agar tidak menabrak klep out.
  2. Porting polish
    Gunakan bor tuner porting blok direkonstruksi lagi dengan melakukan pembesaran porting 20mm poting dalam sedangkan porting luar 19mm. sisi porting keluar dihaluskan supaya gas keluar lebih licin.
  3. Karburator
    Gunakan karburator Shogun SP beserta dengan intake manifoldnya, hal ini guna menyempurnakan system pembakaran bahan bakar.
  4. Pengapian
    Gunakan pengapian dengan CDI, Busi, dan coil racing. Pilihlah dengan melakukan riset yang baik, namun biasanya menggunakan CDI dari shogun Kebo.
  5. Cilinderhead
    Pemampasan silinderhead kurang lebih 0,5mm serta nat (area head) sesuai dengan ukurann piston. Dan juga gunakan klep dari TDR racing berukuran 27mm dan 23mm ex-nya.
  6. Noken As
    Modifikasi mesin Jupiter Z, membutuhkan Noken As untuk motor racing yang khusus dibuat guna motor balap, namun bila dana tidak mencukupi silahkan buat riset sendiri-sendiri, sebab dalam hal ini setiap montir punya catatan sendiri- sen

Itulah beberapa hal mudah dan sederhana yang perlu dilakukan dalam modifikasi mesin Jupiter Z. Bilamana kepuasan dalam pembuatan tergantung dari montir masing-masing, atau tangan sendiri yang lebih ahli menentukan segala sesuatunya untuk menjadikan motor Jupiter Z lebih kencang dan aman digunakan.

Modifikasi mesin Jupiter Z, kebandelan dari mesin serta mudahnya mendapatkan aftermarket racig untuk Jupiter Z membuat banyak bengkel racing melayani dalam pembuatan motor Jupiter yang lebih cepat dan kencang, beberapa hal lagi yang perlu dilakukan adalah keamanan.

Dari segi keamanan setiap motor diharapkan memiliki rem yang pakem agar nanti bekendara aman dan safety riding juga komplit. Guna keamanan dalam mengendarai, lakukan hal-hal yang mengamankan dan jangan membahayakan. Sekian semoga info ini bermanfaat untuk Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

four × two =