cara meningkatkan tenaga motor honda tiger tanpa ribet

Salam Brotherhood. Performa motor tiger Anda gitu-gitu aja? mau performa motor tigernya meningkat? Jika, mau baca artikel ini sampai habis. Karena kami akan memberikan cara agar motor tiger anda semakin bertenaga dengan mudah tanpa harus memodifikasi bagian dalam mesin atau blok silinder.

Berikut beberapa tips yang bisa Anda lakukan untuk menaikkan tenaga motor tiger:

1. Menggunakan bahan bakar beroktan tinggi seperti pertamax

Pertamax memiliki keunggulan dibandingkan bensinĀ  karena bebas timbal sehingga pembakaran pun menjadi maksimal. Dengan oktan RON 92, pertamax sangat cocok untuk motor dengan tipe mesin kompresi tinggi daripada premium yang hanya memiliki oktan RON 88. Menggunakan bahan bakar oktan tinggi akan membuat motor tiger Anda menjadi lebih responsif dan top speed meningkat.

Pertamax
pengisian bahan bakar dengan pertamax

2. Memperlancar pemasukan udara dan pengeluaran gas buang.

Semakin lancar udara yang masuk ke ruang pembakaran dan semakin mudah gas buang keluar,maka performa motor tiger Anda akan menjadi lebih optimal. Langkah paling mudah yang bisa dilakukan adalah dengan mencopot box filter udara, atau busa filternya saja agar karburator tidak terlalu kotor. Sedangkan untuk pengeluaran gas buang bisa diperlancar dengan cara mengadopsi knalpot jenis free flow untuk menggantikan knalpot standar.

free flow tiger
motor tiger

3. Mengganti noken as standar motor tiger Anda dengan noken as racing yang berkualitas.

Noken as merupakan komponen terpenting dalam mekanisme buka tutup klep in dan klep out, karena menentukan jumlah asupan bahan bakar dan udara yang masuk ke ruang pembakaran. Sehingga, dengan menggunakan noken as racing akan menambah pasokan bahan bakar dan udara yang sangat diperlukan dalam menghasilkan tenaga motor. Dalam memilih noken as racing harus yang berkualitas agar tidak merusak klep mesin. Salah satu produsen noken as racing yang berkualitas dan terpercaya adalah nokenasracing.com

noken as tiger
noken as racing motor tiger

4. Mengganti oli mesin standar dengan oli mesin racing.

Oli mesin juga memegang peran yang penting dalam hal laju sepeda motor karena oli mesin berfungsi untuk mengurangi gesekan antar bagian mesin. Namun berbeda dengan oli mesin, oli racing dirancang untuk mampu melumasi mesin dalam putaran tinggi sehingga membuat tarikanmotor tiger Anda menjadi enteng.

oli
pelumas motor tiger

5. Mengurangi beban motor.

Hal ini bisa dilakukan dengan mengganti sparepart sepeda motor tiger yang standar dengan sparepart yang lebih ringan seperti velg atau swingarm aluminium yang terkenal ringan tapi kuat. Jangan menambah aksesoris motor yang tidak penting dan tidak dibutuhkan, karena hal tersebut malah akan menambah bobot motor itu sendiri.

6. Melakukan ubahan pada ukuran gear.

Harus diperhitungkan dengan benar ubahan pada gear set motor karena akan sangat berpengaruh pada performa motor tiger Anda dan juga konsumsi bahan bakar. Untuk kebutuhan akselerasi dan power di putaran bawah, dapat memperbesar ukuran gear belakang, sedangkan jika ingin penambahan top speed dan power di putaran atas bisa mengurangi ukuran gear belakang. Namun harus diingiat, jangan melakukan ubahan yang terlalu ekstrim, perhatikan manual rasio gear standar dari pabrik sebagai pedoman.

gear tiger
gear motor tiger

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

13 − 8 =