Cara Mengetahui Tekanan Angin Pada Ban Sepeda Motor Yang Kurang  

 

perhatikan tekanan ban motor Anda masbroo
perhatikan tekanan ban motor Anda masbroo

Tekanan ban sangat mempengaruhi performa sepeda motor oleh karena itu kita harus tahu cara mengetahui tekanan angin pada ban sepeda motor yang kurang. Dengan berkurangnya tekanan angin, maka area kontak antara karet ban dengan aspal akan bertambah sehingga hambatan pada sepeda motor ketika melaju menjadi lebih besar.

Bertambahnya hambatan pada sepeda motor akibat kurangnya tekanan angin pada ban membuat motor dipaksa bekerja lebih keras untuk bisa menyamai performa motor pada kondisi normal. Banyak pengendara motor yang kurang menyadari atau justru mengabaikan tekanan angin pada ban sepeda motornya. Yang penting sepeda motor bisa jalan tidak penting apakah bannya kempis atau tidak. Padahal, jika dibiarkan hal itu bisa membahayakan oleh karena itu lah kita perlu tahu cara mengetahui tekanan angin pada ban sepeda motor yang kurang.

penyebab keausan yang tidak normal
penyebab keausan yang tidak normal

Kenapa kita pelu memahami cara mengetahui tekanan angin pada ban sepeda motor yang kurang? Karena ada bahaya besar yang mengintai dibalik kempisnya ban sepeda motor, yakni handling motor menjadi lebih berat, motor menjadi tidak stabil terutama di kecepatan tinggi, potensi kerusakan pada velg sepeda motor lebih besar, dan pengereman tidak bisa maksimal karena ban kempis menjadikan kembangan (alur) pada ban tidak bisa berfungsi optimal.

Nah, cara mengetahui tekanan angin pada ban sepeda motor yang kurang yaitu periksalah secara manual kekerasan ban sepeda motor dengan cara menekan menggunakan jari tangan setiap pagi sebelum motor mulai digunakan. Jika sulit untuk dideteksi, bisa lakukan dengan cara mencoba menaiki sepeda motor dan lihat apakah bannya menjadi kempis atau tidak. Hal ini bisa dilakukan dengan berboncengan untuk lebih yakin. Di samping itu, bisa juga mengecek langsung berapa tekanan ban yang ada di motor Anda dengan menggunakan alat pengecek tekanan ban yang biasanya dimiliki oleh bengkel besar atau di pom bensin. Pastikan tekanan ban pada sepeda motor Anda sesuai dengan yang dianjurkan di buku panduan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

two + six =