Cara Mengatasi Rantai Motor Yang Mudah Kendor

 

Rantai Motor Yang Mudah Kendur
Rantai Motor Yang Mudah Kendur

Rantai motor yang kendor tentu membuat perjalanan menjadi kurang nyaman oleh karena itu kita perlu mengetahui cara mengatasi rantai motor yang mudah kendor. Rantai motor yang mudah kendor itu dapat disebabkan oleh banyak faktor, diantaranya kualitas rantai yang buruk, usia pakai rantai yang sudah melewati batas, gear yang sudah runcing, atau suspensi belakang motor yang tidak stabil.

Cara mengatasi rantai motor yang mudah kendor dapat dilakukan dengan pertama-tama melakukan analisa mengenai faktor penyebab utama mengapa rantai motor kita mudah kendor. Sejatinya, motor dengan kondisi bagus tidak perlu dilakukan penyetelan rantai berkali-kali dalam sebulan. Namun, motor yang telah melewati usia pakai yang lama biasanya akan mengalami masalah berupa rantai motor yang mudah kendor.

Rantai motor yang mudah kendor ini selain tidak nyaman karena menimbulkan bunyi gemerisik juga beresiko membuat performa motor kurang maksimal. Motor harus mengeluakan power lebih besar untuk menggerakkan roda belakang karena banyak tenaga yang terbuang percuma akibat rantai motor yang kendor. Oleh karena itu lah, cara mengatasi rantai motor yang mudah kendor sangat penting untuk diketahui.   

 

Mengecek kondisi suspensi belakang
Mengecek kondisi suspensi belakang

Yang pertama harus dilakukan sebagai cara mengatasi rantai motor yang mudah kendor yakni mengecek kondisi suspensi belakang. Suspensi belakang yang telah aus dapat membuat tekanan pada arm menjadi lebih besar sehingga arm menjadi tidak stabil, terutama ketika motor dipakai berboncengan. Arm motor yang tidak stabil tentu mempengaruhi rantai motor sehingga rantai motor pun mudah tertarik, melar dan kemudian kendor. Jika ternyata masalahnya pada bagian suspensi, maka benahi dulu suspensi motor baru kemudian benahi rantai dan gearset.

Cara mengatasi rantai motor yang mudah kendor lainnya adalah dengan memasang chain stabilizer yang dapat dibeli di toko-toko aksesoris sepeda motor. Dengan alat ini, maka tegangan rantai dapat terjaga sehingga rantai motor pun tidak mudah kendor. Namun, alat ini tidak akan membantu jika kondisi rantai memang sudah parah dan sebaiknya rantai diganti.

Melumasi rantai motor dengan chain lube adalah salah satu cara mengatasi rantai motor yang mudah kendor lainnya. Dengan rajin melumasi rantai motor, maka kualitas rantai akan terjaga dan melindunginya dari goresan keras pada mata gear. Hindari melumasi rantai motor dengan pelumas bekas karena justru dapat merusak bantalan karet yang terdapat pada bagian sambungan rantai.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

twenty + twelve =