5 Cara Membersihkan Rantai Motor dengan Mudah dan Tepat

motorku.net – Rantai merupakan komponen sepeda motor yang memiliki peranan penting untuk menyalurkan tenaga dari putaran mesin ke roda dan membuatnya berjalan, meskipun fungsinya begitu besar namun banyak yang menyepelekan hal tersebut. Kondisinya yang terbuka seringkali menyebabkan rantai motor penuh dengan kotoran.

Kotoran yang menempel pada rantai tidak bisa dianggap sepele, karena bisa merusak rantai. Dan menyebabkan kinerja rantai kurang maksimal sehingga memengaruhi performa motor, akselerasi menjadi tidak lancar, dan aus.

Untuk itulah, wajib adanya dalam membersihkan dan senantiasaa melumasi sepeda motor. Membersihkan rantai motor sangat mudah dan bisa dilakukan saat dirumah.

Simak cara membersihkan rantai motor dibawah ini!

1. Bersihkan Rantai Motor Hanya Saat Motor Sudah ‘Hangat’

buat motor dalam posisi tegak

Hangat disini maksudnya adalah kondisi dimana motormu telah habis dipakai keliling atau sehabis digunakan. Ini penting, agar rantai motor lebih siap saat dibersihkan.

Dan jangan lupa, saat akan membersihkan rantai motor, pastikan motor ke posisi tegak dengan memanfaatkan standar motor tengah. Kalau ada alat bantu untuk membuat posisi motor bagian belakang lebih tinggi lagi, bisa juga digunakan. Ini agar lebih memudahkan pada saat bersih-bersih.

2. Gunakan Terlebih Dahulu Spray Khusus Untuk Membasahi Dan Membersihkan Rantai Motor

basahi dengan spray khusus

Setelah posisi motor sudah pas, semprot spray khusus untuk membasahi dan membersihkan rantai motor. Spray ini penting untuk membuat rantai lebih mudah dibersihkan dari noda hitam yang membandel bekas oli ataupun debu jalanan.

Agar tidak membasahi dan mengotori lantai, bisa menggunakan kertas karton di bawah rantai pada saat menyemprot spray.

3. Bersihkan Rantai Pakai Sikat Gigi Bekas

bersihkan rantai dengan sikat

Setelah disemprot mengguanakan spray khusus, lanjutkan dengan proses bersih-bersih dengan menyikat seluruh bagian rantai menggunakan sikat gigi yang sudah tidak dipakai lagi. Usahakan jangan meninggalkan satu bagian saat membersihkan rantai, agar rantai motormu tidak cepat rusak atau karatan.

Kalau punya budget lebih, bisa membeli sikat khusus rantai seperti gambar diatas.

4. Basuh Rantai Dengan Air Mengalir

basuh rantai dengan air mengalir

Nah, setelah proses menyikat tadi sudah selesai, segera basuh rantai dengan menggunakan air mengalir. Namun, jangan membasuh rantai dengan menyemprotkan langsung airnya ke permukaan rantainya.

Cukup dengan mengalirkan air dari selang ke permukaan rantai. Lebih dekat menyiramnya akan lebih baik, biar kotoran yang menyangkut bisa ikut lenyap bersama dengan air yang mengalir.

5. Jika Sudah Bersih, Semprot Rantai Pakai Pelumas

semprot rantai dengan pelumas

Jika proses membersihkan rantai sudah selesai semua. Jangan lupa keringkan rantaimu dan setelah itu langsung semprotkan pelumas ke permukaan rantai.

Semprotkan pelumas secara merata ke seluruh bagian rantai. Alasi dengan karton agar pelumas tidak mengotori lantai.

Bonus!!

Jangan hanya fokus pada rantai saja saat membersihkan rantai motor. Usahakan juga untuk menyikat bagian sporket motor pas membersihkan rantai. Karena dibagian ini memang paling rentan kotor sekali.

Untuk membersihkan sporket pakailah kain yang dilarutkan ke dalam detergen. Namun, jika kotorannya sangat membandel, bisa memakai pisau dempul yang berbahan plastik. Dijamin, kotoran yang membandel tersebut akan segera lenyap.

Selain kebersihan rantai, periksa dan sesuaikan ketegangan rantai agar tidak memberikan efek entakan saat motor berkaselerasi maupun deselerasi. Karena rantai yang kendur juga akan menimbulkan suara berisik.

Nah, demikian ulasan cara membersihkan rantai motor, baik oleh oli, debu, tanah, pasir, lumpur, ataupun kotoran lainnya. Semoga dengan membaca artikel ini bisa membantu untuk membersihkan rantai motor dengan baik dan benar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

nineteen − 4 =