Cara Melakukan Pengereman Menggunakan Rem Cakram Dengan Benar Agar Kampas Rem Awet

 

Rem cakram
Perawatan Rem cakram

Semua teknik mengendarai sepeda motor ada caranya yang benar termasuk cara melakukan pengereman menggunakan rem cakram dengan benar agar kampas rem awet. Tentunya dengan semakin awetnya kampas rem cakram akan menghemat ongkos perawatan motor Anda dan juga menjaga keselamatan berkendara.

Cara melakukan pengereman menggunakan rem cakram dengan benar agar kampas rem awet yaitu jangan terlalu sering melakukan pengereman mendadak dan menarik tuas rem dalam-dalam. Hal tersebut dapat memberikan beban yang terlalu berat baik bagi kampas rem maupun piringan cakram. Kampas rem pun akan lekas habis bila kebiasaan mengerem mendadak dipertahankan.

Sebaiknya jangan menekan tuas rem terlalu lama agar durasi gesekan antara kampas rem dan cakram bisa dikurangi. Jika terpaksa, maka lakukan pengereman secara bertahap, yakni tarik tuas rem, lepas, tarik lagi, lepas lagi begitu seterusnya untuk menghindari beban yang terlalu berat pada kampas rem disamping juga untuk menghindari terjadinya slip pada roda motor. Cara melakukan pengereman menggunakan rem cakram dengan benar agar kampas rem awet ini pun dapat diterapkan oleh siapa saja.

Cara Ganti Rem Cakram
Cara Ganti Rem Cakram

Langkah selanjutnya dari cara melakukan pengereman menggunakan rem cakram dengan benar agar kampas rem awet adalah dapat melakukan kombinasi pengereman, yakni menggunakan rem depan (cakram) sekaligus rem belakang (tromol). Cara ini dapat mengurangi beban yang ditanggung oleh kampas dan piringan cakram. Tapi harus diingat bahwa rem belakang tidak boleh diinjak terlalu dalam karena dapat membuat sepeda motor mudah oleng.

Demikian lah beberapa trik tentang cara melakukan pengereman menggunakan rem cakram dengan benar agar kampas rem awet yang bisa Anda terapkan dalam berkendara sehari-hari. Selamat mencoba.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

four × one =