Cara Gampang Mendeteksi Problem Pada Suspensi Sepeda Motor Anda

Deteksi Problem Suspensi shockbeker
Deteksi Problem Suspensi shockbreaker

Selain berpengaruh pada kenyamanan motor, shockbreaker juga berperan penting menentukan kemampuan motor melakukan manuver dan juga unsur safety-nya. Oleh karena itu, jangan sampai suspensi sepeda motor Anda mengalami masalah karena akan mempengaruhi keseluruhan aspek berkendara. Untuk itu, kenali cara gampang mendeteksi problem pada suspensi sepeda motor Anda dengan baik dan benar.

Cara gampang mendeteksi problem pada suspensi sepeda motor Anda yang pertama yakni bisa dicek dari tampilan fisiknya. Shockbreaker yang bermasalah secara fisik akan terlihat adanya rembesan oli di sekitar as dan tabungnya. Rembesan oli tersebut mengindikasikan adanya bagian dari suspensi motor yang mengalami kerusakan, umumnya adalah bagian seal shockbreaker-nya yang robek sehingga oli pun bocor keluar.

Shockbreaker Bocor
Shockbreaker Bocor

Yang kedua, cara gampang mendeteksi problem pada suspensi sepeda motor Anda adalah dengan cara mengecek langsung rebound suspensi motor apakah masih bagus atau tidak. Rebound pada shockbreaker merupakan indikasi utama kondisi suspensi motor apakah masih layak atau harus diganti. Di samping itu, bisa juga berarti bahwa pelumas pada shockbreaker sudah berkurang atau menurun kualitasnya karena faktor usia.

Untuk mendeteksi problem pada suspensi, cukup tekan setang kemudi motor beberapa kali. Jika rebound-nya terlalu cepat dan setang memantul beberapa kali maka itu menjadi tanda bahwa suspensi motor sudah perlu diganti atau direkondisi. Bisa juga dibongkar untuk diganti oli pelumasnya dengan oli pelumas baru dengan takaran yang pas. Itu lah beberapa cara gampang mendeteksi problem pada suspensi sepeda motor Anda yang dapat Anda terapkan di motor Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

3 × 3 =