Cara Aman Mengganti Ban Standar Motor Dengan Ban Ukuran Lebar

Ukuran Ban Standar
Ukuran Ban Standar

Mengganti ban standar pada motor dengan ukuran yang lebih lebar memang bisa meningkatkan penampilan gagah si kuda besi namun harus diketahui cara aman mengganti ban standar motor dengan ban ukuran lebar agar performa motor tetap terjaga dan motor aman dikendarai.

Cara aman mengganti ban standar motor dengan ban ukuran lebar wajib dipahami oleh siapa pun yang ingin upgrade tunggangannya dengan ban tipe tapak lebar. Hal itu penting karena penggantian ukuran ban tidak boleh dilakukan sembarangan tanpa memperhatikan aspek keselamatan (safety).

Jika ukuran ban sepeda motor diubah secara sembarangan dan asal-asalan tanpa memperhatikan cara aman mengganti ban standar motor dengan ban ukuran lebar, hal itu akan menimbulkan resiko menurun drastisnya performa motor, berkurangnya stabilitas motor terutama ketika dipacu dalam kecepatan tinggi, dan berkurangnya grip (daya cengkeram) ban ke aspal.

Di sesuaikan dengan Velg
Di sesuaikan dengan Velg

Beberapa cara aman mengganti ban standar motor dengan ban ukuran lebar yang harus diketahui diantaranya:

  1. Sesuaikan ukuran velg dengan ukuran ban tapak lebar yang hendak dipakai. Jika yang diganti hanya ban saja tanpa mengganti velg ukuran lebih lebar maka resikonya bentuk ban akan berubah (istilahnya ngedonat) sehingga area kontak ban dan aspal jauh berkurang. Akibatnya daya cengkeram ban menurun.
  2. Perhatikan selisih yang paling ideal antara ukuran ban dan velg karena idealnya adalah ban ukuran lebar hanya naik dua tingkat dari ukuran velg. Misalnya, ukuran velg adalah 2,75 maka ukuran lebar ban maksimal yang masih bisa dipakai tanpa mengganti velg adalah ukuran 3,25 atau 100/90.
  3. Lebar lengan ayun (swing arm) juga harus mendapat perhatian karena jika terlalu mepet dengan ban akan beresiko mengalami gesekan, terutama ketika menikung di kecepatan tinggi. Kestabilan swing arm juga berkurang karena swing arm standar sudah disesuaikan dengan ukuran ban standar. Lebih baik mengganti swing arm dengan ukuran lebar sesuai dengan ukuran ban tapak lebar.
  4. Perhatikan pula jarak antara tepian ban terluar dengan rantai, jangan sampai terlalu mepet karena rantai bisa mengikis karet ban. Sebelum mengganti ukuran ban, sebaiknya perhatikan dahulu jarak yang aman yang masih bisa diaplikasikan.
  5. Sproket roda belakang juga wajib diganti dengan ukuran yang lebih besar agar traksi motor tetap terjaga seperti ketika masih menggunakan ban standar.

Itulah beberapa cara  aman mengganti ban standar motor dengan ban ukuran lebar yang bisa Anda terapkan. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

nine − 6 =