Bus di china anti macet ,Kog Bisa ? Ini Dia Alasannya

Bus anti macet ? ada kah ? mungkin sekilas di pikiran kita, tidak ada bus yang anti macet. umumnya beitu, namun pada kenyatanya ,di china baru-baru ini menciptakan alternatif bus yg hemat Jalan , seperti pada gambar di bawah ini.

 

2016841 elevated bus - editanCredit Image : In Google

Dan di era teknologi yang semakin canggih seperti sekaranag sudah seharusnya bila berbagai inovasi hadir untuk menjadi solusi dari berbagai permasalahan hidup. Seperti baru-baru ini sebuah penemuan mencengangkan dirancang oleh Song Youzhiu, yang berusaha menciptakan sebuah bus besar berbentuk terowongan yang bisa menampung 1.400 orang sebagai sarana transportasi masal untuk kota-kota besar yang sering dilanda kemacetan.
Yang membuat bus ini mengagumkan adalah bergerak dengan mengangkangi jalan umum dimana di bawahnya terdapat lalu lalang kendaraan sebagaimana lazimnya.
Idenya untuk memberikan solusi kemacetan yang terjadi hampir di setiap kota besar di seluruh dunia sangat realstis karena dengan pergerakan seperti ini tidak akan mengganggu pengguna jalan lain yang sedang beraktivitas di bawahnya. Selain itu tentunya sangat efisien dan ramah lingkungan karena ditenagai oleh listrik dan mampu membawa 1.400 penumpang atau setara dengan kapasitas 40 bus konvensional yang ada sekarang.
Menurut perancang asal negara tirai bambu tersebut, bus ini akan menghemat sekitar 800 ton bahan bakar dan menghilangkan hampir 2.500 ton emisi gas buang dalam setiap tahunnya. Song juga menambahkan bahwa bus ini lebih banyak menghemat banyak ruang jika dibandingkan dengan sistem transportasi bawah tanah (subway), otomatis biaya investasinya pun lebih hemat, yakni sekitar 60 persen dari subway.
Bus terowongan yang berjalan mengangkang ini merupakan bagian dari sistem transportasi Transit Elevated Bus (TEB) yang maketnya sudah diperkenalkan pada ajang International High-Tech Expo ke-19 di Beijing pada 19-22 Mei kemarin.
Semoga inovasi ini bisa segera terealisasi di berbagai kota besar di seluruh dunia termasuk Indonesia yang selama ini selalu dilanda kemacetan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

13 − one =