Beberapa Tips Cara Memilih Helm Yang Tepat dan Aman Demi Keselamatan Diri

 

HELM SNI
HELM SNI

Peranti yang satu ini sangat vital perannya dalam menjaga keselamatan para pengendara sepeda motor namun kerap kali diabaikan oleh para pengendara motor dengan hanya sembarangan memilih helm padahal ada beberapa tips cara memilih helm yang tepat dan aman demi keselamatan diri.

Beberapa tips cara memilih helm yang tepat dan aman demi keselamatan diri perlu diketahui dan dipahami agar kita terhindar dari produk-produk helm yang tidak mampu melindungi kepala dengan baik. Walaupun terlihat keren dan menarik, belum tentu helm tersebut memenuhi standar keamanan yang memadai.

Nah, agar tidak salah pilih helm maka perhatikan beberapa tips cara memilih helm yang tepat dan aman demi keselamatan diri berikut ini:

Yang pertama, tentu saja helm tersebut harus memenuhi standar keamanan, dalam hal ini Standar Nasional Indonesia atau SNI. Jika tidak memenuhi SNI, maka sebaiknya urungkan niat untuk memilih helm tersebut.

Kemudian, prioritaskan untuk memilih helm full face dibandingkan helm half face karena dari segi keamanan helm full face mampu melindungi sebagian besar kepala hingga rahang sedangkan helm full face tidak mampu melindungi rahang.

Helm full face
Helm full face

Lalu, pilih lah helm yang tidak terlalu banyak aksesorisnya atau yang bentuknya tidak terlalu banyak tonjolan karena dapat mengakibatkan cidera serius di kepala jika mengalami benturan keras. Helm yang baik justru bentuknya bulat, tidak terlalu banyak lekukan dan garis-garis tajam.

Di samping dari bentuknya, helm yang baik dan aman juga memiliki berat antara 1-2 kg saja, jika melebihi berat itu maka helm kurang nyaman digunakan dan mudah membuat otot leher lelah. Perlu juga diperhatikan ketebalan kaca visornya karena jika kaca visornya tipis maka akan mudah pecah saat terbentur dan bakal membahayakan indra penglihatan si pemakai.

Satu lagi tips dari beberapa tips cara memilih helm yang tepat dan aman demi keselamatan diri adalah memilih ukuran helm yang benar-benar pas dengan ukuran kepala, tidak terlalu longgar dan tidak terlalu sempit. Ukuran yang terlalu longgar akan menimbulkan celah antara kepala dan busa helm sehingga helm rawan bergoyang ketika motor melaju kencang.

Itulah beberapa tips cara memilih helm yang tepat dan aman demi keselamatan diri yang bisa kita semua terapkan demi kepentingan kita sendiri. Harap diingat bahwa memakai helm bukan sekadar mengikuti trend atau menghindari tilang polisi tetapi juga untuk melindungi aset kita yang paling berharga, yakni kepala. Keep safety riding, bro!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

nine + 1 =