Beberapa penyebab tenaga mesin motor kamu tidak seperti saat motor masih baru

Mesin motor tidak seperti mesin baru adalah hal yang lumrah melihat mesin motor juga memiliki beberapa ketahanan karena pemakaian. Namun dalam kurun waktu yang lama bahkan ada dapat mengganti suku cadang yang sudah disiapkan oleh pabrikannya. Dalam hal ini ada beberapa penyebab yang membuat mesin motor tidak seperti mesin baru.

Apakah penyebabnya?

Ya, penyebab utama berada dalam mesin motor tersebut.

Lantas dengan mengetahui beberapa penyebab tersebut dapat membantu Anda dalam memahami serta waktu yang tepat untuk melakukan perbaikan (service) secara berkala. Mengetahui penyebab-penyebab mesin motor tidak seperti mesin baru merupakan hal yang sangat penting, sebuah wawasan yang diperlukan dalam perawatan mesin motor adalah mengetahui kelemahan dari penurunan performa motor.

Berikut hal-hal yang menjadi penyebab menurunnya performa mesin motor Anda.

  1. Kampas kopling
    Semua mesin sepeda motor menggunakan kampas kopling untuk menjaga gigi-gigi motor, ada sistem kopling otomatis dan manual. Semakin lama penggunaan kampas kopling sebagai penjaga gigi motor maka semakin lama dan sering digunakan maka akan semakin habis, hal ini membuat tenaga motor menjadi kurang bertenaga, hal ini disebabkan karena gigi motor tidak stabil.
  2. Busi
    Suku cadang ini merupakan sumber tenaga motor membuat percikan api. Busi yang penggunaannya terlalu lama membuat percikan api yang dihasilkan makin berkurang dan dapat mematikan motor selain itu busi yang kotor dan basah dapat membuat motor mati dan tidak bisa dinyalakan.
  3. Jarum skep
    Penyetelan jarum skep dalam bagian karburator ini sangat perlu diperhatikan sebab tenaga mesin dari motor tidak bisa maksimal bisa juga disebabkan oleh penyetelan jarum skep yang telalu tinggi. Penyetelan ini harus dilakukan oleh mereka para teknisi ahli dalam perbaikan mesin motor.
  4. Saringan udara
    Kebersihan saringan udara juga menjadi penentu tenaga mesin atau menjadi penyebab mesin motor tidak seperti mesin baru. Komponen yang satu ini berfungsi sebagai peyaring kotoran/ debu dari udara yang akan masuk kedalam ruang bakar.
  5. Karburator
    Dalam komponen inilah proses tenaga motor dilakukan, yakni dengan cara mengubah dimana bahan bakar bercampur dengan udara dan dan pada akhirnya menjadi sumber tenaga pada mesin untuk bergerak. Namun semakin lama penggunaan karburator ini akan banyak kemampuan dari komponen berkurang sehingga perlu perawatan secara rutin.
  6. Knalpot/ muffler
    Knalpot sebagai tepat akhir pembuangan dari hasil pembakaran bila tersumbat atau kemasukan air juga akan menurunkan performa dari mesin motor tersebut, hal ini juga menjadi salah satu mesin motor tidak seperti mesin baru. Namun dengan melakukan service secara rutin kerusakan pada knalpot bisa ditangg

Itulah beberapa penyebab mesin motor tidak seperti mesin baru, dengan adanya hal yang seperti itu diharuskan bagi para pemilik sepeda motor untuk terus secara rutin melakukan cekup pada mesin motor, guna menghindari hal –hal yang tidak diinginkan. Semoga info penyebab mesin motor tidak seperti mesin baru ini bermanfaat.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

14 − 5 =