Apa itu Noken As, Fungsi, dan Pengaruhnya Terhadap Mesin Motor 4 Tak

Motor adalah salah satu kendaraan yang memiliki banyak jenis model dan variasi. Namun tahukah Anda dalam mesin motor ada beberapa bagian komponen yang sangat penting agar kendaraan yang satu ini bisa berjalan dengan semestinya. Di dalam mesin motor 4-langkah (tak) terdapat sebuah perangkat yang disebut Noken as, yakni sebuah komponen yang mengatur/ menggerakkan katup (valve) dan mempengaruhi pasokan bahan bakar serta udara untuk menghasilkan power (tenaga).

Sedang dalam kendaraan motor 4 tak atau bisa disebut juga dengan four stroke engine, komponen ini sangat besar manfaat dan kegunaannya. Salah satu fungsi penting dari komponen yang satu ini adalah pengatur dan juga penggerak katup/klep, adanya dua tonjolan (lift) komponen ini bekerja dengan cara mendorongnya.

Velve in yang terdorong menggunakan tonjolan komponen tersebut akan terbuka sehingga bahan bakar serta udara dapat masuk mengalir ke dalam ruang pembakaran. Namun satu tonjolan lainnya berfungsi sebaliknya yakni mendorong klep out untuk mengeluarkan gas sisa pembakaran dialirkan ke luar (dibuan ke saluran pembuangan).

Dalam hal ini cara kerja Noken as digerakan oleh rantai kamprat (timing chain/ rantai kenteng). Rantai kamprat ini menghubungkan ke kruk as. Namun pada sepeda otor matic 4 tak Noken as dihubungkan oleh rantai kenteng (timing belf), taming belf atau rantai kenteng. Gunanya untuk mengatur ritme putaran noken as biar sinkron dengan putaran kruk as dimana perbandingan 1 kali putaran komponen noken ini sama dengan 2 kali putaran kruk as.

Noken as sangat menjadi komponen vital dalam performa mesin 4 tak dengan fungsi sebagaimana tersebut diatas. Performa mesin 4 tak sangat tergantung pada timing open/close klep, dan hal timing itu dapat diatur agar mendapatkan torsi. Bagi Anda yang menginginkan torsi dengan putaran (rpmm) rendah maka timing buka/tutup klep bisa dimajukan dan sebaliknya untuk mendapatkan putaran tinggi timing buka tutup klep dimundurkan.

Pengaruh Noken as pada motor 4 tak juga sangat signifikan. Sebagai salah satu komponen vital dari mesin 4 tak komponen ini sangat mempengaruhi performa dari power kendaraan 4 tak Anda. Pada dasarnya mekanisme komponen dengan menjadi penggerak timing buka tutup klep pada mesin 4 tak.

Pengaruh lainnya yang terjadi bila kinerja Noken as ini dipercepat saat timing buka tutupnya maka akan didapatkan power yang tinggi dalam hal kecepatan serta pengaruh terhadap pembakaran bahan bakar.

Dengan menjadi kompenen vital, komponen ini adalah salah satu komponen yang mempengaruhi kecepatan kendaraan dan power yang dihasilkan dari kendaraan tersebut. Maka dari itu dalam mensetting kecepatan kendaraan dengan Noken as selalu diperhitungkan sebab fungsi dan pengaruhya terhadap performa mesin sangat besar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

seven + six =