7 Penyebab Ban Sepeda Motor Cepat Gundul

motorku.net – Seperti yang kita semua ketahui, bahwa ban merupakan salah satu komponen penting pada setiap kendaraan. Baik untuk sepeda motor maupun mobil, tanpa adanya ban maka secara otomatis kendaraan tidak akan bisa bergerak dan berpindah tempat.

Pada umumnya ban sepeda motor telah dirancang untuk memiliki umur pakai antara 1,5 sampai 2 tahun, dengan catatan digunakan secara normal sesuai standar pemakaian dari pabrik. Namun, pada kenyataannya banyak ban sepeda motor lebih cepat habis padahal belum terlalu lama digunakan.

Lalu, mengapa ban sepeda motor bisa cepat habis/gundul, padahal belum terlalu lama digunakan? Hal ini jelas ada penyebabnya, karena setiap ban sudah dirancang sedemikian rupa, sehingga memiliki umur pakai tertentu.

Ada beberapa yang bisa menyebabkan ban sepeda motor lebih cepat habis/gundul, seperti berikut ini :

1. Sering Kurang Angin

ban kurang angin

Sebenarnya setiapĀ  pabrik sudah merekomendasikan berapa tekanan angin standar untuk setiap sepeda motor, namun kenyataannya masih banyak pengguna sepeda motor yang kurang memperhatikan masalah ini. Sehingga sering membiarkan ban sepeda motornya dengan kondisi kurang angin dalam jangka waktu lama.

Padahal yang seperti ini sangat merugikan, karena membiarkan ban kurang angin dalam jangka waktu lama akan berakibat ban menjadi lebih cepat rusak atau habis. Ini karena saat kondisi ban kurang angin, ada banyak permukaan ban yang menapak aspal sehingga membuat ban lebih cepat panas dan cenderung lebih mudah tipis.

2. Membawa Beban Berlebihan

naik motor membawa beban berlebihan

Ketika sedang berkendara dan membawa beban secara berlebihan, hal tersebut juga bisa menyebabkan ban sepeda motor menjadi lebih cepat habis. Ini dikarenakan saat membawa beban berat otomatis akan membuat tekanan ke aspal atau jalanan lebih besar, sehingga akan mengakibatkan gesekan telapak ban dengan jalan menjadi lebih lebar dan membuat ban lebih cepat aus/habis.

3. Cara Berkendara

cara berkendara

Cara berkendara yang wajar dan sesuai dengan standar pemakaian sepeda motor memang tidak akan begitu memengaruhi ban cepat habis. Jika berkendara dengan kecepatan tinggi apalagi ugal-ugalan, bisa mengakibatkan ban lebih cepat aus atau habis dan memperpendek umur pakai ban.

4. Jarang Dibersihkan

jarang membersihkan ban motor

Membersihkan ban sepeda motor secara rutin ternyata sangat bagus untuk ban dan bisa memperpanjang umur pakai ban. Perlu diketahui bahwa tanpa disadari kita menginjak berbagai macam bahan kimia dijalanan seperti minyak, oli, bensin dan bahan kimia lainnya.

Dimana bahan kimia tersebut dapat merusak ban dan bisa menyebabkan material ban menjadi lebih lembek sehingga saat bergesekan dengan jalanan lebih cepat aus, maka dari itu sebaiknya ban sering dibersihkan paling tidak setiap 2 minggu sekali.

5. Kerusakan Pada Bagian Suspensi

kerusakan pada suspensi

Kerusakan pada suspensi juga bisa menjadi penyebab ban sepeda motor lebih cepat aus, hal ini dikarenakan saat shockbreaker tidak aktif/mati/rusak. Maka tekanan suspensi pada jalan menjadi tidak rata, sehingga membuat ban habis secara tidak rata dan otomatis membuat ban lebih cepat rusak atau habis.

6. Ban Sering Dijemur

parkir di tempat panas

Saat memarkirkan sepeda motor di tempat panas membuat ban terkena sinar matahari secara langsung, parahnya lagi hal seperti ini sering dibiarkan dalam waktu lama. Perlu diketahui, jika ban sering terkena panas atau sering terkena sinar matahari langsung, hal itu akan membuat struktur ban menjadi cepat getas, keras, dan akhirnya lebih cepat habis atau aus.

7. Memasang Ban Secara Terbalik

arah rotasi ban motor

Jika ban dipasang tidak sesuai dengan arah rotasi yang dianjurkan, hal ini akan mengurangi kenyamanan saat berkendara dan bisa juga menyebabkan ban lebih cepat habis.

Nah, demikianlah pembahasann yang mengenai penyebab ban sepeda motor cepet habis. Semoga informasi ini bisa berguna dan bermanfaat untuk Anda semua.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

3 × two =