7 Cara Mudah Membersihkan Helm Sendiri di Rumah

motorku.net – Helm sepeda motor merupakan alat yang penggunaannya tidak kalah sering dari penggunaan sepeda motor itu sendiri. Namun, meski intensitas penggunaan keduanya hampir sama, untuk masalah kebersihan, helm sangat jarang diperhatikan.

Helm yang sering dipakai berisiko memiliki bau kurang sedap karena keringat dan kotoran yang menempel pada helm akan mengendap dan tidak bisa hilang sendiri. Maka dari itu, Anda harus mencuci helm secara rutin, minimal sebulan sekali.

Mencuci helm sebenarnya bisa kita lakukan sendiri dan hal ini merupakan kegiatan yang mudah dan menyenangkan. Namun masalahnya kebanyakan dari kita tidak mengetahuo cara mencuci helm dengan benar. Akibatnya tentu saja kita menjadi malas dan enggan mencuci helm sendiri. Alasan lain yang cukup klasik adalah kita tidak punya waktu untuk mencuci helm padahal waktu bersantai kita banyak. Bilang saja kalau malas. Hehe.

7 cara membersihkan helm sendiri di rumah

Kita juga bisa menggunakan jasa pencucian helm untuk mencuci helm milik kita. Harganya juga tidak terlalu mahal. Namun, kalau keseringan mencucikan helm yang ada pasti boros. Padahal kita bisa menekan biaya dengan mencuci sendiri helm kita.

Karena malas tadi, akibatnya helm kita menjadi tidak pernah dicuci dan ujung-ujungnya helm menjadi bau dan tidak nyaman untuk dipakai.

Untuk Anda sekalian, nih, 7 cara mudah membersihkan helm yang bisa Anda lakukan sendiri di rumah!

Lepas dan Bersihkan Kaca Serta Busa Helm

Anda harus melepas visor atau kaca helm agar mudah untuk dibersihkan. Pastikan helmmu memiliki fitur ‘removable padding’ atau busanya bisa untuk dilepas. Kemudian lepas seluruh bagian busa tersebut hingga helm menjadi batok dengan gabus keras saja. Kalau busa helm tidak bisa dilepas, ya jangan dipaksa. Hehe.

Rendam Bus Helm di Dalam Air Sabun

rendam helm dalam air sabun

Rendam busa helm di dalam air sabun bersih atau sampo selama 30 menit. Setelah itu, sikat busa dengan hati-hati menggunakan sikat berukuran kecil sampai bersih. Rendam pula bisa yang sudah bersih tersebut dengan pengharum pakaian agar wanginya menjadi lebih tahan lama saat dipakai nanti.

Peras Dan Jemur Saat Matahari Sedang Terik

Peras dengan hati-hati dan jemur busa dibawah panas matahari yang cukup supaya menjadi lebih cepat kering. Ingat, kalau keringnya lama, yang ada helm malah bau apek. Jadi cuci helm saat cuaca sedang panas saja. Oke?

Cuci Bagian Luar Helm Dan Gosok Dengan Wax Pemoles

gosok helm dengan pemoles

Cuci bagian luar helm dengan air jernih, kemudian keringkan. Setelah itu, gosok helm dengan menggunakan kain halus dan wax pemoles supaya kinclong dan mulus.

Bersihkan Kaca Helm Dengan Hati-Hati

bersihkan kaca helm dengan kain halus

Bersihkan kaca helm dengan kain yang halus dan semprotkan wax pemoles motor secara merata dan hati-hati supaya kaca helm tetap bening dan tidak tergores.

Pasang Kembali Semua Bagian Helm

Setelah busa kering, pasang kembali semua bagian helm secara tepat. Hati-hati, jangan sampai ada bagian yang patah.

Semprotkan Pewangi Dan Desinfektan

semprot bagian dalam dengan pewangi

Dan, cara membersihkan helm yang terakhir adalah menyemprotkan wangi-wangian khusus yang berguna sebagai desinfektan atau pembunuh kuman penyebab bau tidak sedap serta jamur dibagian dalam helm.

Demikianlah sedikit informasi mengenai cara membersihkan helm sendiri tanpa keluar uang lebih. Memakai helm yang sudah dicuci merupakan hal yang menyenangkan dan teman Anda yang meminjam helm Anda menjadi tidak kebauan. Semoga informasi ini bisa bermanfaat untuk Anda dan mempermudah dalam mencuci helm.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

19 − nineteen =