5 Pertanda Mesin Motor Kamu Perlu Segera Turun Mesin

Tanda turun mesin adalah sebuah keharusan yang perlu diketahui untuk kita pemilik kendaraan sepeda motor. Mesin yang setiap hari kita gunakan juga memiliki batas yang dan tidak bisa selamanta awet hal ini dikarenakan mesin juga memiliki umur, dan perlu dirawat serta di service secara berkala.

Namun tidak banyak orang yang tahu kapan akan tiba saatnya memperbaiki atau mengetahui tanda turun mesin. Berikut ada beberapa hal tentang tanda mesin waktunya turun untuk diganti suku cadang ataupun di service secara maksimal. Apa sajakah itu? Inilah 5 pertanda mesin akan turun performa dan turun untuk perbaikannya.

  1. Terdengar bunyi berisik pada mesin khususnya bagian katub
    Munculnya suara berisik atau tik tik tik ini kemungkinan besar disebabkan dari katub udara setelannya terlalu longgar, atau bisa juga noken as sudah aus. Namun bisa juga disebabkan oleh rantai keteng/ kaprat dipasang terlalu longgar. Bila terjadi masalah yang seperti ini sebaiknya segera diabawa ke tempat service.
  2. Keluar asap putih/ hitam dari knalpot
    Ketika memanaskan mesin motor dipagi hari tiba- tiba keluar asap yang putih tipis atau hitam dari kenalpot motor Anda, itu memiliki kemungkinan besar ring pistonnya mengalami kerusakan serius hal ini bisa jadi disebabkan adanya oli masuk ke dalam ruang bakar. Cara perbaikan nya yakni dengan turun mesin dan mengganti ring pistonn Tanda turun mesin ini sangat penting bila Anda menemukan hal yang seperti ini segera perbaiki.
  3. Bagian mesin (belakang) berisik
    Suara berisik yang berasal dari blok bagian mesin belakang biasanya dipicu pesangan krus as dengan poros engkol yang tidak tepat. Dala hal ini tidak ada jalan lain selain mengatasi tanda turun mesin ini dengan membawa atau meminta teknisi ahli untuk melakukan pengecekan langsung.
  4. Kebocoran oli dari mesin
    Kebocoran yang terdapat dari mesin sehingga menyebabkan oli menetes keluar. Hal ini disebabkan oleh gasket/ parepack sudah rusak. Bila mana itu dibiarkan maka oli pada mesin akan habis dan komponen- komponen mesin lainnya akan rusak, hal ini merupakan tanda turun mesin yang sangat diwaspadai dan perlu perbaikan yang lebih.
  5. Mesin mati tidak menyala sama sekali
    Hal ini menjadi salah satu tanda turun mesin yang mudah dikenali karena mesin tidak mau menyala sama sekali. Setelah lakukan pengecekan pada busi dan masih tidak bisa menyala, hal itu kemungkinan lainnya adalah komponen mesin mengalami rusak maupun patah. Dengan adanya kondisi seperti itu sudah bisa dipastikan turun mesin dan melakukan pergantian suku cadang.

Itulah 5 hal yang menjadi tanda turun mesin pada sepeda motor, sebaiknya bila mengetahui kelima tanda diatas segera lakukan perbaikan dengan membawa ke bengkel maupun tempat service terdekat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

19 − three =