5 Langkah Mudah Merawat Sepeda Motor Injeksi PGM FI

motorku.net – Dengan kemajuan zaman yang semakin modern ini, semua produsen sepeda motor saat mengeluarkan produk barunya pasti sudah menggunakan sistem injeksi PGM FI. Sekarang ini sudah tidak zamannya lagi menggunakan sistem karburator. Jika Anda salah satu pengguna sepeda motor injeksi, tentu dalam perawatannya pasti berbeda dengan sepeda motor bertipe karburator.

Lantas kenapa didalam sepeda motor injeksi PGM FI sistem pembakarannya lebih mudah terkena gangguan dibandingkan sepeda motor yang menggunakan karburator?

Memang benar, jika sepeda motor injeksi lebih rentan terkena gangguan dalam sistem bahan bakarnya dibandingkan dengan sepeda motor yang menggunakan karburator. Karena didalam sepeda motor injeksi, bahan bakar mengalir ke dalam ruang pembakaran harus melalui dan dibantu dengan pompa injeksi sebelum melewati injektor. Didalam pompa bahan bakar ini hampa udara melibatkan sensor untuk menghasilkan bahan bakar yang ideal. Tentu saja hal ini jauh berbeda dengan sepeda motor tipe karburator.

5 Langkah Mudah Merawat Sepeda Motor Injeksi PGM FI

Dengan menggunakan sistem PGM FI, membuat kita lebih menghemat biaya untuk membeli bahan bakar. Karena sepeda motor yang menggunakan teknologi PGM FI lebih efisien dalam penggunaan bahan bakar serta ramah lingkungan. Nah untuk Anda yang mungkin belum tahu bagaimana merawar sistem PGM FI, kami akan membeikan bagaimana caranya.

5 Langkah Mudah Merawat Sepeda Motor Injeksi PGM FI

  1. Alangkah baiknya mesin dipanaskan terlebih dahulu sebelum Anda menggunakan untuk aktifitas sehari-hari. Lebih baik lagi jika dipanaskan di pagi hari, hal ini bertujuan supaya Anda tidak lupa untuk memanaskannya.
  2. Annda harus menghindari kehabisan bahan bakar, hal ini untuk mencegah agin masuk ke dalam pompa bahan bakar. Seperti yang dijelaskan diatas bahwa motor PGM FI menggunakan pompa bahan elektrik dan menggunakan sensor serta hampa udara. Jadi jangan sampai pompa bahan bakar kemasukan udara karena bisa mengakibatkan bahan pompa bahan bakar masuk angin. Dan menjadikan mesin susah untuk hidup.
  3. Anda harus memastikan bahan bakar didalam tangki selalu dalam keadaan penuh. Hal ini untuk mencegah penguapan bahan bakar didalam tangki dan mencegah terjadinya korosi didalam tangki. Serta mencegah filter pompa bahan bakar kotor.
  4. Jika filter sudah kotor atau sudah tidak layak pakai, sebaiknya Anda mengganti filter bahan bakarnya. Hal ini disebabkan untuk menghindari terjadi hal yang serupa.
  5. Didalam sistem PGM FI Anda dituntut untuk menjaga kondisi kelistrikan, seperti halnya dalam pengontrolan aki, serta jangan menggunakan aksesoris lampu yang berlebihan yang nanti akan menghambat kinerja PGM FI.

5 langkah mudah merawat sepeda motor pgm fi

Dalam penggunaan sehari-hari, banyak para pemilik kendaraan khususnya motor matic yang sering melupakan hal kecil ini padahal merupakan salah satu upaya menjaga performa motornya tetap sempurna.

Yaitu mengontrol tekanan angin ban, meskipun tampak sederhana namun sangat berhubungan erat terhadap kinerja keseluruhan kendaraan Anda.

Kondisi ban yang kurang angin akan menyebabkan beban motor lebih berat dan berdampak pada konsumsi bensin yang boros, selain itu juga bisa mengakibatkan handling motor yang tidak stabil.

Dan, sepeda motor yang sudahmenggunakan teknologi sistem PGM FI ini lebih efisien dalam pemasokan bahan bakar dibandingkan dengan sepeda motor yang masih menggunakan sistem karburator. Karena sepeda motor PGM FI ini dalam sistem bahan bakarnya didukung oleh sensor-sensor, selain itu pemasukan besar kecilnya bahan bakar ditentukan oleh sensor.

Sensor-sensor ini menerima perintah dari ECU (otak dari sistem PGM FI), dengan ini bertujuan agar Anda bisa lebih mudah memahami kerusakan yang ada dalam sistem PGM FI. Hal ini dikarenakan jika ada suatu masalah dalam sistem PGM FI, ECU akan memberitahu kepada Anda melalui engine indicator.

Nah, demikianlah pembahasan mengenai langkah merawat sepeda motor PGM FI, semoga bermanfaat untuk Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

three × 3 =