5 Cara Sederhana Merawat Rantai Sepeda Motor

motorku.net – Rantai merupakan salah satu bagian penting dari sepeda motor yang berfungsi untuk memindahkan tenaga dari mesin ke roda belakang sepeda motor, sehingga kendaraan tersebut dapat melaju dan digunakan sebagai alat transportasi.

Maka dari itulah, agar rantai sepeda motor dapat berfungsi dengan baik, awet serta bisa tahan lama, perlu dilakukan perawatan dengan baik dan rutin. Sehingga nantinya tidak akan banyak menimbulkan masalah dan mengurangi kenyamanan saat berkendara.

Namun pada kenyataannya masih banyak pengguna sepeda motor membiarkan rantai kendaraannya dalam kondisi kering, berkarat, bahkan sudah sangat kendor tanpa melakukan penanganan. Hal yang seperti ini jika tidak segera ditangani bida menyababkan rantai mudah putus, rusak, dan bisa menyebabkan kerusakan pada bagian lain.

Nah, kali ini saya akan berbagi informasi mengenai cara sederhana merawat rantai motor agar bisa lebih awet dan dapat tahan lama saat digunakan.

1. Jangan Biarkan Rantai Motor Dalam Kondisi Kering

minyak goreng untuk melumasi rantai motor

Membiarkan rantai sepeda motor dalam keadaan kering tanpa memberikan pelumas akan membuat rantai lebih cepat rusak serta mengakibatkan lapisan gear tergerus. Hal itulah yang menyebabkan gear lebih cepat aus dan habis.

Maka dari itu, mulailah dengan memberikan pelumas saat rantai sepeda motor Anda sudah mulai atau kelihatan kering.

Kebanyakan pemilik sepeda motor masih sering menggunakan oli bekas untuk melumasi rantai motor, padahal sebenarnya oli bekas biasnya mengandung garam yang malah bisa membuat rantai lebih cepat rusak dan gear menjadi lebih cepat aus. Menggunakan oli bekas sebenarnya kurang baik untuk rantai motor.

Sebenarnya ada cara mudah dan gampang selain menggunakan oli mesin yang baru atau chain lube, yaitu dengan menggunakan minyak goreng. Karena minyak goreng memiliki keunggulan, cairannya bening sehingga nampak bersih ketika dioleksan di rantai motor. Dengan menggunakan minyak goreng tentu hanya bertahan sementara. Namun patut dicoba daripada rantai kering dan rusak.

2. Menyetel Dan Mengatur Kekencangan Rantai

Supaya rantai dapat lebih awet dan bisa digunakan dalam jangka waktu yang lebih lama. Anda sebagai pengguna sepeda motor perlu rajin untuk mengontrol dan memperhatikan kekencangan rantai sepeda motor. Karena rantai yang terlalu kendor ataupun terlalu kencang akan berdampak kurang baik.

Karena rantai yang terlalu kencang akan membuat rantai mudah putus dan biasanya mengeluarkan bunyi yang sangat mengganggu saat berkendara. Pun saat rantai terlalu kendor bisa membuat rantai mudah lepas, terjepit dan akhirnya putus.

Selain itu, rantai yang terlalu kendor bisa mengakibatkan rusaknya standar tengah sepeda motor, karena biasanya rantai yang terlalu kendor akan mengenai dan bergesekan dengan standar tengah saat kendaraan digunakan.

3. Membersihkan Rantai

membersihkan rantai sepeda motor

Lakukan pembersihan setiap sebulan sekali, namun jika malas setidaknya lakukan pembersihan rantai motor setiap 3 bulan sekali. Karena sepeda motor yang sering dipakai bisa menyebabkan rantai kendaaran menjadi kotor karena debu atau kotoran.

4. Perhalus Saat Memindah Gigi

Usahakan saat mengurangi atau menambah gigi dengan lebih halus. Hal ini perlu dilakukan untuk mengurangi hentakan yang terjadi pada gear dan rantai, dengan membiasakan untuk memperhalus proses perpindahan gigi transmisi maka hal tersebut akan mengurangi tekanan terhadap gear dan rantai.

5. Memotong Rantai Jika Perlu

memotong rantai sepeda motor

Rantai sepeda motor lama-lama akan menjadi melar dan akhirnya kendor, jika seperti itu bisa dilakukan pengaturan atau penyetelan ulang untuk mengatur kembali kekencangannya. Namun bila setelannya sudah habis, maka mau tidak mau harus mengganti rantai atau memotongnya agar setelannya menjadi pas kembali.

Bila kondisi rantai atau gearnya masih bagus dan bisa digunakan kembali, memang sayang untuk menggantinya. Untuk itulah terkadang kita perlu melakukan pemotongan guna mengurangi rantai yang sudah melar supaya tidak terlalu panjang.

Nah, demikianlah cara sederhana merawat rantai sepea motor agar bisa lebih awet dan tahan lama. Semoga informasi ini bisa berguna.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

fourteen − 3 =