3 Cara Sederhana Mengatasi Rem Mengeluarkan Bunyi Berdecit

motorku.net – Rem motor yang sering mengeluarkan bunyi berdecit saat digunakan merupakan permasalahan yang sering terjadi dan dialami oleh setiap pengguna kendaraan sepeda motor maupun kendaraan beroda empat. Masalah rem mengeluarkan bunyi berdecit sering kali disepelekan dan kurang mendapat perhatian dari kebanyakan pengguna kendaraan.

Tapi, tahukah Anda,jika hal ini tetap dibiarkan dalam waktu yang lama dan tanpa dilakukan penanganan, maka bisa berakibat fatal dan menyebabkan kerusakan pada komponen-komponen yang bersangkutan. Oleh karena itu, bila rem sepeda motor Anda mengeluarkan bunyi berdecit saat digunakan, segeralah cek untuk mengetahui penyebabnya.

Penyebab dari rem yang berbunyi saat digunakan biasanya dikarenakan adanya gesekan antara dua benda yang memiliki struktur licin dan keras. Entah itu disebabkan oleh kampas yang memang sudah habis atau karena disebabkan adanya kotoran, seperti debu, pasir, atau kotoran yang lainnya.

mengatasi rem berdecit

Lalu bagaimana cara untuk mengatasinya?

Nah, pada kesempatan kali ini saya akan memberikan contoh bagaimana mengatasi rem tromol sepeda motor yang mengeluarkan bunyi berdecit.

Sebenarnya masalah yang seperti ini bisa terjadi pada semua jenis rem, baik itu rem tromol atau rem cakram, dan bisa terjadi pada semua kendaran entah itu mobil ataupun sepeda motor.

Nah, berikut ini langkah-langkah sederhana untuk mengatasi bunyi berdecit pada rem tromol sepeda motor :

Langkah Pertama

Persiapkan peralatan yang diperlukan, yaitu kunci-kunci dan alat-alat lainnya. Ingat untuk melakukan bongkar pasang mur dan baut usahakan menggunakan kunci ring, tujuannya adalah untuk mengurangi resiko terjadinya kerusakan pada mur dan baut.

Langkah Kedua

Nah, setelah semua alat yang dibutuhkan sudah tersedia. Kita akan lanjutkan dengan membongkar rem yang mengeluarkan bunyi untuk memastikan bagaimana kondisinya. Jika setelah dilakukan pembongkaran ternyata kampasnya habis, untuk mengatasinya mau tidak mau Anda harus segera mengganti kampas rem tersebut dengan yang baru. Masalah terselesaikan.

Namun, jika setelah dilakukan pembongkaran pada rem tersebut ternyata kondisi kampasnya masih cukup tebal tapi sudah mengeluarkan bunyi bisa diatasi dengan mengganti kampas dengan yang baru. Tapi jika kondisinya masih bagus, seringkali kita merasa sayang untuk menggantinya.

kampas rem tromol

Maka dari itu Anda bisa mencoba langkah-langkah berikut ini untuk mengatasinya. Pertama, keluarkan rem dari dudukannya, kemudian bersihkan kampas tersebut dari kotoran yang menempel, karena kotoran tersebut yang menyebabkan kampas rem tertutup dan menjadi licin.

Untuk membersihkannya bisa dilakukan dengan cara mengamplas permukaan kampas tersebut hingga semua kotoran yang menempel hilang. Setelah dibersihkan menggunakan amplas, langkah selanjutnya adalah membuat alur pada permukaan kampas dengan menggunakan gergaju besi. Ini bertujuan agar permukaan kampas tidak jadi licin jika ada kotoran yang menempel.

Langkah selanjutnya

Bersihkan rem dengan cara disemprot menggunakan kompresor dan jangan lupa untuk menyemprot bagian tromolnya untuk menghilangkan semua kotoran yang ada di dalamnya. Setelah itu pasang kembali semua bagian yang tadi dibongkar dan sepeda motor Anda siap untuk dicoba.

Rasakan bagaimana perbedaannya, apakah masih berbunyi atau tidak, biasanya setelah semua langkah diatas Anda lakukan dengan baik, maka masalah rem berdecit akan segera bisa diatasi dengan mudah. Untuk itulah ketelitian dan kesabaran dibutuhkan dalam mengecek dan mengatasi kampas rem yang mengeluarkan bunyi yang tidak enak ditelinga.

Nah, demikianlah pembahasan mengenai cara sederhana mengatasi rem berdecit, semoga sedikit informasi ini bisa bermanfaat dan dapat berguna bagi Anda semuanya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

4 − 4 =