Upgrade Performa Motor Matic Honda Vario 110cc

motorku.net – Sebagai seorang bikers yang mempunyai tunggangan pastinya ada rasa kurang puas terhadap performa motornya, khususnya bagi mereka yang menggunakan kendaraan matic. Banyak cara yang dilakukan untuk merubah performa kendaraan mulai dari segi penampilan luar dengan mengganti striping standar ke striping variasi atau Thailand. Hingga dari tampilan dalam mesin, istilahnya adalah mengorek mesin.

Untuk motor matic hal yang paling perlu diperhatikan adalah bagian v-belt dan bagian roller. Dalam hal ini para bikers bisa meningkatkan performa motor matic dengan merubah bagian roller.

Untuk roller sendiri berfungsi untuk memberikan tekanan keluar pada variator hingga dimungkinkan variator bisa membuka dan memberikan sebuah perubahan lingkar diameter lebih besar terhadap belt drive sehingga motor bisa bergerak. Kinerja variator ini sangat ditentukan oleh roller.

meningkatkan performa vario 110cc

Bentuk roller yang baik itu harus berbentuk bundar, bentuk bundar dan sempurna mempermudah pergerakan dari variator. Namun bila bentuknya sudah tidak bundar, maka sudah waktunya Anda mengganti roller matic. Bahan yang digunakan biasanya terbuat dari bahan teflon karena sifatnya yang licin, keras, dan tahan panas.

Prinsip kerja roller sebenarnya mirip dengan gear set pada motor yang memiliki system penggerak rantai. Karena skutik menggunakan v-belt dalam menggerakan roda dengan melalui perputaran kruk as roda yang sebelumnya diputar oleh v-belt.

Cara Meningkatkan Performa Motor Matic Honda Vario 110cc

Hal pertama adalah dengan mengganti per CVT yang berguna untuk menahan sliding sheave. Pilihan per CVT terdiri dari 1.000 rpm, 1.500 rpm dan 2.000 rpm. Perbedaan ini sesuai dengan tingkat kekerasan pernya. Untuk Honda Vario 110 bisa menggunakan per CVT 1.500 rpm. Per ini dipilih karena bisa membuat akselerasi cocok untuk kondisi jalan perkotaan yang cenderung stop and go.

roller honda vario 110cc

Roller standar vario 13 gram, bisa diganti dengan yang 12 dan 10 gram dengan cara dipasang silang.

Penggunaan per CVT keras dan roller enteng ini agar tarikan awal mesin jadi lebih enteng dan top speed bisa dicapai dengan mudah. Penggunaan roller juga tidak boleh kelewat ringan supaya tidak berkurang top speed nantinya.

per cvt vario

Beralih ke komponen pengabutan bahan bakar. Pilot-jet dan main-jet diturunkan beberapa angka, supaya tidak terlalu boros. Honda Vario ini sebaiknya menggunakan PJ dan MJ 89. Lalu bukaan angin di karbu dibuka kisaran 3,5 sampai 4,5 putaran.

Selain cara diatas, bisa juga dengan menggunakan noken as racing. Penggunaan noken as racing memiliki kelebihan dibanding dengan noken as standar. Noken as racing ini mampu menghasilkan power yang lebih besar daripada noken as standar. Selain itu noken as racing mampu menjaga komponen vital motor honda vario 110 menjadi lebih awet.

noken as racing vario

Nah, itulah sedikit cara untuk meningkatkan performa honda vario 110cc. Namun, dalam membeli beberapa part untuk mengupgrade ini haruslah dengan hati-hati. Supaya mesin motor matic tidak mengalami masalah serius apalagi sampai mesin jebol.

Bonus!!

Cara Membersihkan Roller

Semakin sering motor dipakai, maka akan semakin kotor pula bagian dalam mesin, begitupun dengan roller. Kebanyakan dari roller yang lama belum diganti akan mudah terkikis dan tidak bundar lagi. Membersihkan roller secara berkala juga sangat diperlukan. Caranya dengan menggunakan bensin dan kuas, Anda bisa menghilangkan debu-debu dan kotoran yang menempel. Untuk beberapa jenis motor matic yang memerlukan pelumasan (grease) pada roller, memerlukan pemeriksaan dan perawatan lebih sering dari pada yang tidak menggunakan pelumasan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

2 × three =