Tips Mudah Untuk Menghindari Mesin Motor Jebol Tiba-Tiba

cara mencegah mesin tiba-tiba jebol
cara mencegah mesin tiba-tiba jebol

Pada kesempatan kali ini saya akan membahas tips mudah untuk menghindari mesin motor jebol tiba-tiba. Mesin jebol secara tiba-tiba sebetulnya hampir mustahil, namun kadang para pemilik motor tidak menyadari kerusakan yang terjadi secara bertahap di mesin motornya sehingga ketika kerusakan itu semakin parah maka pemilik motor hanya tahu bahwa mesin motornya jebol tiba-tiba.

Padahal, ada tips mudah untuk menghindari mesin motor jebol tiba-tiba yang dapat Anda terapkan dan aplikasikan dalam keseharian. Tentu akan sangat merepotkan bukan jika motor Anda mengalami jebol mesin secara tiba-tiba?

mesin motor jebol
mesin motor jebol

Tips mudah untuk menghindari mesin motor jebol tiba-tiba kuncinya adalah perawatan dan pengecekan rutin pada komponen mesin motor Anda. Jangan sampai telat untuk melakukan servis rutin bulanan atau minimal setiap 2 – 3 ribu kilometer. Selain itu, harus dicek juga kondisi oli pelumas mesin apakah mengalami penurunan volume atau tidak. Oli mesin harus rutin diganti, jangan sampai menunggu hingga warnanya berbuah hitam pekat dan encer.

Selain itu, tips mudah untuk menghindari mesin motor jebol tiba-tiba berkaitan juga dengan gaya berkendara. Jika gaya berkendara Anda suka dengan kebut-kebutan atau kerap menggeber gas motor dengan ekstrim dan suka menghentak motor, maka sudah bisa dipastikan bahwa tidak lama lagi mesin motor Anda akan rontok. Apalagi jika diperparah dengan kebiasaan Anda yang lalai dalam perawatan rutin.

Tips mudah untuk menghindari mesin motor jebol tiba-tiba yang lainnya yaitu selalu sedia beberapa komponen penting yang mungkin sewaktu-waktu akan diperlukan seperti busi, air aki, kampas kopling, dan sebagainya yang sekiranya akan diperlukan suatu saat nanti karena Anda tidak akan pernah tahu kapan spare part motor Anda mudah didapatkan dan kapan spare part itu sulit didapatkan. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

six + 12 =