Tips Modifikasi Sederhana yang Bisa Menaikan Performa Mesin Motor Yamaha Mio Tanpa Harus Ribet

Dunia modifikasi saat ini memang semakin berkembang seiring dengan perkembangan teknologi. Hal ini sejalan dengan Anda yang gemar memodifikasi mesinnya tentu selalu berusaha agar motor bisa sesuai dengan keinginan Anda.

Bagi Anda yang ingin menaikkan performa mesin motor matic Yamaha mio agar bisa lebih kencang lagi cobalah untuk memodifikasi mesin Mio. Biasanya solusi meningkatkan peforma mesin adalah dengan bore up. Sayangnya cara ini tergolong mahal dan ribet.

Tersedia solusi yang terbilang murah dan lebih sederhana tanpa harus bore up. Anda hanya perlu menyetingnya dan juga merubah beberapa bagian komponen motor matic. Inilah berbagai tips sederhana modifikasi mesin Mio agar bisa menaikan performa mesinnya. Diantaranya adalah:

  1. Gunakan roller yang terbilang lebih ringan

Merubah settingan roller menjadi lebih ringan memang perlu dilakukan. Untuk meningkatkan peformanya cukup hanya dengan menurunkan 2 gram lebih ringan dari roller matic bawaannya. Jadi tidak perlu terlalu banyak lagi menurunkan bobot rollernya.

  1. Modifikasi mesin Mio menggunakan noken as racing

Buka tutup klep memang perlu juga disesuaikan. Anda bisa mengganti noken as standart dengan noken as yang racing. Hal ini bisa diterapkan oleh mereka para pengguna motor Mio. Berbeda lagi bagi mereka para pengguna motor Beat, untuk bisa menaikkan tenaga motornya hanya perlu mengatur kembali kerenggangan klepnya tanpa perlu mengganti.

  1. Lakukanlah porting pada bagian exhaust

Supaya performanya bisa lebih maksimal kembali, inlet kulit jeruknya jangan sampai anda buang. Jika dibuang akan berpengaruh terhadap percampuran bahan bakar dengan udara. Lalu bagaimana? Anda cukup modifikasi mesin Mio ini dengan menghaluskan bagian exhaustnya saja. Hal ini bertujuan agar proses keluarnya hasil pembakaran bisa menjadi lancar. Anda bisa menghaluskan bagian exhaustnya dengan menggunakan amplas atau tuner.

  1. Penyesuaian pada bagian knalpot

Dalam modifikasi mesin Mio ini, penggunaan metode non bore up tidak mengharuskan seseorang untuk menggunakan knalpot racing. Hanya saja untuk knalpot bawaan matic ini juga perlu dimodifikasi. Sesuaikan dengan kebutuhan Anda.

  1. Lakukan penyetingan ulang spuyer

Hal ini tentunya tergantung dari si pengguna motor matic itu sendiri. Apabila ingin mempertahankan penggunaan filter udaranya, maka untuk settingan spuyernya perlu dibuat kering. Tapi berbeda lagi apabila anda menginginkan open filter, Anda hanya perlu membuat perbandingan spuyer yang basah.

  1. Naikkan juga rasio kompresi

Modifikasi mesin Mio juga bisa dilakukan dengan menaikkan rasio kompresinya. Jika rasio kompresinya dinaikkan, sudah pasti juga bisa membuat powernya menjadi lebih meningkat. Buat Yamaha Mio yang pistonnya cekung, cara menaikkan kompresinya bisa dengan melakukan papas silinder head. Tidak perlu banyak-banyak, untuk skutik harian cukup dengan 1-1,5 mm saja.

Itulah tadi berbagai tips modifikasi mesin Mio yang bisa anda terapkan. Berbagai cara tersebut bisa membuat motor anda menjadi lebih ngacir dan tarikannya pun juga semakin kencang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

sixteen + twenty =