tips mengganti noken as motor yamaha jupiter z untuk pemakaian harian

Salam Brotherhood. Jika Anda mempunyai motor Jupiter z yang hanya digunakan untuk berangkat sekolah, kerja, atau hanya sekadar wira-wiri di jalan, pastinya gak mau kalau performa hanya gitu-gitu aja. Untuk itu kami akan memberikan tips agar motor jupiter z Anda memiliki performa yang maksimal dalam pemakaian sehari-hari.

jupiter-z
motor yamaha jupiter z

Untuk memperoleh performa yang maksimal dalam pemakaian sehari-hari, salah satu caranya yaitu dengan mengganti noken as standar dengan noken as racing jupiter z. Sebelum mengganti noken as standar dengan noken as racing motor jupiter z, ada hal-hal yang harus diperhatikan. Berikut beberapa hal yang harus diperhatikan.

Pertama, pilihlah noken as racing sesuai dengan kebutuhan. Karena motor jupiter z hanya digunakan untuk pemakaian sehari-hari, maka noken as racing jupiter z yang digunakan yaitu spek harian. Noken as dengan spek harian ini cukup untuk menambah power mesin motor jupiter z Anda. Selain itu, juga dapat menambah nafas tarikan menjadi lebih panjang.

noken as racing motor yamaha jupiter z spek harian
noken as racing motor yamaha jupiter z spek harian

Kedua, periksalah kondisi komponen-komponen mesin yang lain sebelum memasang noken as racing jupiter z. Periksalah komponen-komponen yang utama, yakni bagian yang bersinggungan langsung dengan noken as racing, seperti rocker arm, rantai kamprat, klep, per klep, dan sebagainya.

cylinder-head-jupiter-z
cylinder head motor yamaha jupiter z

Roller Rocker Arm (RRA), merupakan komponen yang mentransfer putaran noken as menjadi dorongan naik dan turun pada klep. Oleh karena itu periksalah kondisiĀ  ini. Hal yang tak kalah penting yakni memeriksa rantai kamprat, rantai kamprat yang aus tidak akan mampu memutar noken as secara maksimal.

rra-jupiter-z
RRA dan klep motor yamaha jupiter z

Ketiga, jangan menunda-nunda penggantian pelumas. Karena pelumas yang terlalu lama didalam mesin mengandung partikel yang dapat menghambat kinerja mesin. Tak hanya menghambat kinerja mesin, tetapi juga beresiko merusak komponen mesin yang lain.

pelumas-jupiter-z
pelumas motor jupiter z

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

4 × three =