Tips Mengendarai Motor di Malam Hari Agar Perjalanan Aman dan Nyaman

konsentrasilah saat mengendari motor di malam hari
konsentrasilah saat mengendari motor di malam hari

Mengendarai motor terutama di malam hari kadang memiliki resiko tersendiri oleh karena itu perlu diketahui tips mengendarai motor di malam hari agar perjalanan aman dan nyaman hingga selamat sampai tujuan.

Tips mengendarai motor di malam hari agar perjalanan aman dan nyaman yang pertama yang dapat dilakukan yakni persiapkan motor. Cek kondisi motor sebelum melakukan perjalanan karena kita tidak akan pernah tahu jika motor tiba-tiba mogok atau mengalami kerusakan di tengah jalan. Tentu akan sangat merepotkan jika motor mengalami mogok di tengah perjalanan malam hari di tengah jalan yang sepi bukan?

Untuk menghindari kerusakan motor di tengah jalan pada malam hari, maka lakukan pengecekan secara teliti pada kondisi motor sebelumnya. Bisa dicek mulai dari kondisi ban, rantai motor, lampu-lampu, busi motor, dan sebagainya. Segera lakukan penggantian jika dirasa perlu.

peralatan sederhana yang perlu di siapkan saat mengendarai pakai sepeda motor
peralatan sederhana yang perlu di siapkan saat mengendarai pakai sepeda motor

Di samping itu, tips mengendarai motor di malam hari agar perjalanan aman dan nyaman selanjutnya yakni bawalah bekal makanan dan minuman secukupnya, setidaknya untuk bertahan 1-3 hari di dalam tas. Ini penting sebagai antisipasi jika kita terpaksa harus survival di daerah terpencil akibat motor mengalami kerusakan mendadak.

Selain bekal makanan dan minuman, dapat juga dipersiapkan perlengkapan untuk beristirahat darurat seperti sleeping bag, matras, atau ponco (mantel tebal). Tips mengendarai motor di malam hari agar perjalanan aman dan nyaman lainnya yaitu gunakan pakaian yang tebal atau jaket yang mampu melindungi tubuh dari angin malam. Lebih baik juga gunakan helm fullface untuk mencegah muka terkena tamparan angina malam yang dingin menusuk.

Yang paling penting, tentu saja selalu siap sedia tool box yang berisi set kunci lengkap dan peralatan mekanik yang cukup yang dibutuhkan untuk melakukan perbaikan darurat di jalan. Semoga tips mengendarai motor di malam hari agar perjalanan aman dan nyaman ini dapat bermanfaat bagi siapa saja.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

ten − three =