Tips Melewati Polisi Tidur Dengan Baik dan Benar Agar Suspensi dan Mesin Motor Aman

polisi tidur
polisi tidur

Polisi tidur sejatinya dipasang di jalanan kecil atau gang untuk memperlambat laju kendaraan dan menghindari terjadinya kecelakaan namun perlu diketahui tips melewati polisi tidur dengan baik dan benar agar suspensi dan mesin motor aman.

Walaupun memang efektif untuk memperlambat laju kendaraan bermotor, namun terkadang di beberapa titik jalan polisi tidur dibuat terlalu tinggi dan terlalu rapat sehingga bukannya meningkatkan keamanan berkendara namun justru bisa memicu terjadinya kecelakaan tunggal. Untuk itu, berikut ini akan dibahas beberapa tips melewati polisi tidur dengan baik dan benar agar suspensi dan mesin motor aman.

Yang pertama harus diingat dari tips melewati polisi tidur dengan baik dan benar agar suspensi dan mesin motor aman yakni fakta bahwa polisi tidur biasanya dipasang di jalanan kecil atau gang yang tidak terlalu besar. Oleh karena itu lah, ketika Anda mulai masuk di jalanan kecil sebaiknya langsung waspada dan fokus pada jalanan di depan Anda karena tidak semua polisi tidur diberi tanda garis-garis putih.

kurangi kecepatan saaat melintas di polisi tidur
kurangi kecepatan saaat melintas di polisi tidur

Tips melewati polisi tidur dengan baik dan benar agar suspensi dan mesin motor aman berikutnya yakni kurangi kecepatan laju motor beberapa meter sebelum mencapai polisi tidur, jangan melakukan pengereman mendadak di saat sudah mencapai polisi tidur karena rawan mengalami selip atau justru pengereman tidak maksimal sehingga motor terpaksa menghajar polisi tidur dengan kasar.

Perhatikan pula jarak aman antara titik terendah motor Anda dengan tanah (ground clearance) apakah memungkinkan melibas polisi tidur dengan kecepatan motor yang tidak Anda kurangi. Harus diingat bahwa walaupun titik terendah motor Anda bisa dibilang aman tetapi terkadang karena pengaruh suspensi yang meredam goncangan sehingga titik terendah motor bisa lebih turun lagi. Akibatnya, bagian bawah mesin bisa mentok ke aspal.

Selain mesin yang bisa mentok ke aspal, melibas polisi tidur secara asal-asalan dan tidak mengurangi kecepatan bisa memperpendek umur suspensi motor. Suspensi motor harian tidak didesain untuk terus menerus menghajar polisi tidur dengan kecepatan tinggi seperti halnya motor trail sehingga sebaiknya perhatikan tips melewati polisi tidur dengan baik dan benar agar suspensi dan mesin motor aman.

Jika berboncengan, tentunya tips melewati polisi tidur dengan baik dan benar agar suspensi dan mesin motor aman harus lebih diperhatikan lagi karena otomatis beban motor lebih besar, suspensi bekerja lebih keras, dan ground clearance motor bisa saja berkurang. Sebaiknya kurangi kecepatan motor dengan bertahap, dan jangan membetot gas secara tiba-tiba begitu ban depan melewati polisi tidur karena ban belakang bisa saja berguncang dan merusak suspensi belakang motor.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

4 × 2 =