spare part motor yamaha jupiter z yang perlu diganti jika ingin meningkatkan performa mesin jupiter z

Salam Brotherhood. Motor Jupiter Z adalah salah satu produk andalan Yamaha yang sudah dilengkapi dengan tenaga yang luar biasa dikelasnya. Akan tetapi dengan tenaga yang luar biasa tersebut, ternyata masih belum cukup jika Anda menggunakan motor Jupiter Z untuk balap road race maupun drag race. Untuk itu Anda perlu mengganti spare part agar bisa melaju kencang di balapan. Spare part apa saja yang harus di ganti? Mari kita ulas bersama-sama.

motor balap jupiter z
motor balap jupiter z

1.Piston

Motor Jupiter Z standar memiliki piston standar dengan diameter 49mm. Anda bisa mengganti piston standar dengan piston Jupiter Z over size 100 dengan diameter 52mm.  Dengan mengganti piston tersebut akan menambah tenaga mesin hingga 114,7cc dengan liner tetap dalam batas aman.  Dome piston juga harus dibentuk lagi dengan memapas blok boring sekitar 1,5mm sejauh 7mm. Kemiringan dome piston 45 derajat. Jangan lupa untuk memperdalam coakan klep 0.5-1mm agar piston tidak menabrak klep.

piston-jupiter-z
piston yamaha jupiter z

2.Porting Polish

Agar suplai bahan bakar yang masuk ke dalam ruang bakar dan pembuangan sisa pembakaran lancar, Anda harus memperbesar porting blog hingga 20mm untuk porting dalam dan 19mm untuk porting luar. Untuk melakukannya Anda bisa menggunakan bor tuner.

porting-polish-jupiter-z
porting polish yamaha jupiter z

3.Karburator

Agar sistem pemasukan bahan bakar lebih sempurna, maka Anda harus mengganti karburator standar. Anda bisa menggunakan karburator Shogun SP beserta dengan intake manifold. Alasannya karena karburator Shogun SP memiliki semacam pompa tambahan di body karburator serta memiliki dinding venturi dan rumah skep karbu venturi yang cukup tebal.

karburator-shogun-sp
karburator suzuki shogun sp

4. Sistem Pengapian

Sistem pengapian juga perlu Anda perhatikan. Karena sistem pengapian ini sangat mempengaruhi tenaga mesin yang akan dihasilkan. Lebih baik Anda menggunakan sistem pengapian dengan CDI, busi, dan koil racing.

cdi-jupter-z
CDI yamaha jupiter z

5. Noken As

Agar lebih maksimal lagi, Anda perlu merombak noken as. Untuk melakukan hal ini bukan hal yang mudah, Anda harus mengerti dahulu mengenai prinsip-prinsip serta cara kerja noken as. Karena jika Anda melakukan sedikit saja kesalahan maka akan mengurangi performa motor Jupiter Z Anda. Kalau Anda tidak mau repot-repot, Anda bisa menggunakan noken as racing. Anda dapat membeli noken as racing di nokenasracing.com

noken-as-yamaha-jupiter-z-road-race-212-detail-1
noken as racing yamaha jupiter z

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

3 + 9 =