Sirkuit Catalunya Terus Mendapat Kritik, Akhirnya Direnovasi

motorku.net – Circuit de Catalunya yang merupakan salah satu sirkuit yang terletak di pinggiran kota Barcelona, Spanyol. Tepatnya di Montmelo. Sirkuit ini dipakai untuk balapan Formula Satu, GP2, MotoGP, dan Spanish GT. Memiliki panjang 4.627 km. Dengan jumlah tikungan di sirkuit ada 13.

Dan bisa dipastikan bahwa sirkuit ini akan direnovasi dan akan masuk pada kalender MotoGP 2018. Hal ini dilakukan, karena kondisi aspal yang mulai jelek, karena belum pernah diperbaiki lagi sejak 2007. Kecelakan Luis Salom yang menyebabkan pembalap Moto2 itu tewas saat menjalani sesi latihan bebas pada 22 Juni 2016 lalu juga menjadi salah satu alasan sirkuit ini diharuskan melakukan renovasi.

Saat itu Salom terlihat kehilangan kendali saat akan menaklukkan tikungan ke-13. Pembalap yang meninggal pada usia 25 tahun tersebut awalnya mencoba untuk melepaskan pegangan, namun takdir berkata lain, dirinya malah ikut terseret motor Marc VDS Honda.

sirkuit catalunya dengan 13 tikungan

Kritik dari pembalap juga menjadi alasannya, terutama saat Valentino melakukan pertemuan dengan Komisi Keamanan GP pada Jum’at malam sebelum jalannya balapan, yang dimana tidak ingin menggunakan chicane yang dianggap berbahaya. Dan akhirnya balapan diputuskan untuk menggunakan layout F1 kala itu.

Pembalap KTM, Bradley Smith menyarankan pihak MotoGP perlu mengeluarkan ultimatum kepada penyelenggara sirkuit Catalunya (Barcelona), untuk memastikan trek diaspal ulang (renovasi) sebelum kembali menjadi tuan rumah musim 2018.

Kebanyakan pembalap mengeluh tidak senang dengan trek, karena kurangnya grip dan peningkatan jumlah gundukan. Beberapa bahkan mengkritik soal tikungan baru yang tidak jadi digunakan. Smith mengalami kecelakan di Catalunya, pada latihan bebas keempat (F4) di tikungan kedua, yang membuat jarinya cidera.

“Mudah-mudahan kami tidak akan balap lagi di sana. Itulah akhirnya apa yang terjadi,” ujar Smith ketika ditanyakan apa yang akan terjadi ketika permukaan trek sirkuit Catalunya tidak diperbaiki tahun depan, mengutip dari Motorsport, Sabtu (17/6/2017).

sirkuit catalunya akan segera diperbaiki

“Ini adalah satu-satunya trek di seluruh calendar MotoGP yang tidak bereaksi terhadap Komisi Keselamatan, pengendara, dan permintaan penyelenggara. Jadi, pada suatu saat, MotoGP  harus memberi mereka ultimatum, dan saya pikir ini adalah tahun terakhir mereka (sirkuit Catalunya) ada dalam kondisi buruk seperti itu,” tutur Smith.

Dan pekan lalu, Carmelo Ezpeleta selaku CEO Dorna, juga memberikan peringatan. Jika Sirkuit de Catalunya tidak ada perbaikan, maka dimusim depan tidak akan dimasukkan ke dalam kalender MotoGP.

“Jika Catalunya tetap berada di kalender kami, kami akan memiliki 19 balapan, dan jika tidak, 18,” Ezpeleta mengatakan kepada surat kabar Spanyol AS, mengacu pada kemungkinan masuknya Thailand pada kalender MotoGP 2018.

Namun, usai mendengarnya sang bos Sirkuit de Catalunya langsung memberikan sinyal bahwa sirkuit ini akan direnovasi demi siap masuk pada kalender MotoGP 2018. Tentunya sang bos berjanji akan melakukan perbaikan pada aspal, demi memberikan kenyamanan untuk para pembalap. Run-off area di tikungan 12 juga akan ditingkatkan, sementara posisi tribun akan dipindahkan di tikungan terakhir.

Diketahui bahwa pekerjaan untuk memperbaharui aspal Sirkuit de Catalunya akan dilakukan pada musim dingin. Selain memperbaharui aspal, sirkuit ini juga diberitakan bakal memakai layout lama.

“Kami telah menjalin kerjasama satu setengah tahun, mencari sumber dana untuk periode keuangan 2018-2019, dan sekarang yang ingin kami lakukan adalah memajukan sirkuit untuk satu tahun ke depan,” kata bos Sirkuit de Catalunya Joan Kata Fontsere.

Nah, semoga perbaikan dari Sirkuit de Catalunya segera diselesaikan supaya tahun depan bisa ikut untuk balapan. Dan tentunya akan memuaskan para pembalap yang akan menggunakan lintasan balap Sirkuit de Catalunya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

4 × 2 =