Saat Membersihkan Motor Jangan Lupa Untuk Bersihkan Bagian Kolong Motor Juga

 

kotoran yang membandel terletak di kolong motor
kotoran yang membandel terletak di kolong motor

Selain membuat tampilan motor enak dipandang membersihkan motor juga dapat mencegah terjadinya karat namun saat membersihkan motor jangan lupa untuk bersihkan bagian kolong motor juga. Kenapa bagian yang tidak terlihat ini harus repot-repot dibersihkan? Berikut alasannya masbro.

Kolong motor adalah bagian motor yang paling sering terpapar oleh kotoran berat seperti lumpur, pasir, bekas cipratan air, dan sebagainya. Letaknya yang sulit dijangkau membuat banyak orang enggan untuk membersihkannya disamping juga karena tidak terlalu kelihatan. Namun, saat membersihkan motor jangan lupa untuk bersihkan bagian kolong motor juga karena bagian ini rentan terkena karat yang dapat merusak logam.

setelah di cuci biasakan di lap supaya mencegah pengkaratan
setelah di cuci biasakan di lap supaya mencegah pengkaratan

Saat membersihkan motor jangan lupa untuk bersihkan bagian kolong motor juga sebab jika dibiarkan, kotoran membandel yang ada di bagian bawah ini akan terus menumpuk dan berkerak sehingga akan sulit dibersihkan. Di samping itu, bekas air hujan yang mengendap di kolong motor dapat mengundang karat. Karat bersifat korosif dan memperpendek usia logam sehingga kelak rangka motor bisa lapuk dan rawan patah.

Oleh karena itu lah, ketika mencuci motor harap diingat bahwa saat membersihkan motor jangan lupa untuk bersihkan bagian kolong motor juga dengan cara mengguyurnya menggunakan air bersih, sikat, keringkan, kemudian sikat kembali menggunakan minyak tanah untuk melunturkan sisa-sisa noda membandel yang sulit dihilankan seperti lumpur kering dan rembesan oli pelumas. Langkah terakhir, bilas kembali dengan air bersih lalu keringkan dengan kain lap bersih.    

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

three + 12 =