Penyebab Ban Depan Motor Matic Tidak Rata, Makan Sebelah Dan Bergelombang

motorku.net – Mungkin Anda pernah menemukan atau mengalami sendiri ban sepeda motor yang habis secara tidak merata, sebagian masih cukup tebal, sedangkan sebagian lagi sudah gundul bahkan kelihatan benangnya. Hal seperti ini memang banyak terjadi pada kendaraan, entah itu ban sepeda motor maupun pada ban mobil.

Lalu apa yang menjadi penyebabnya? Dan bila ditelusuri lebih jauh, ada banyak faktor yang bisa menyebabkan ban tidak rata, makan sebelah dan bergelombang.

Seperti pada sepeda motor, hal ini bisa disebabkan karena masalah pada Segitiga, Swing Arm, Saksis, Shockbreaker, Leher, Velg atau karena ban itu sendiri yang kualitasnya tidak bagus.

Nah, sekarang yang menjadi pertanyaannya adalah mengapa ban depan sepeda motor matic seperti vario, mio, atau motor-motor matic lainnya, kebanyakan habis secara tidak merata, cuma makan sebelah, bahkan ada juga yang bergelombang.

sepeda motor honda beat

Apa yang menjadi penyebabnya??

Bisa jadi karena sepeda motor sudah cukup lama digunakan atau pernah jatuh. Sehingga menyebabkan ban depan habis secara tidak merata atau bergelombang.

Misalnya saja Segitiga sudah tidak center, shockbreaker mati sebelah atau habis olinya, saksis miring, bagian leher oblak atau sudah goyang-goyang. Hal yang seperti ini memang bisa menyebabkan ban depan tidak rata, makan sebelah dan bergelombang.

Tapi anehnya, jika sepeda motor tersebut masih tergolong sepeda motor baru dan belum pernah jatuh, namun ban depannya sudah tidak rata, habis sebelah dan bergelombang. Sangat kecil kemungkinannya bila penyebabnya adalah hal-hal seperti diatas.

Lalu apa penyebabnya??

Sebenarnya ban depan tidak rata, makan sebelah dan bergelombang pada sepeda motor matic ini sudah biasa. Namun hal ini tidak berlaku pada sepeda motor lain selain sepeda motor matic.

ban motor matic tidak rata

Hal ini terjadi pada sepeda motor matic disebabkan oleh shockbreaker belakangnya cuma ada satu dan posisinya berada disamping kiri, bukan ditengah. Sehingga pada saat membawa beban berat motor cenderung miring ke kanan. Serta tekanan udara pada sepeda motor matic yang kurang.

Sehingga bagian sebelah kanan sepeda motor lebih banyak menerima beban, coba saja perhatikan ban depan depan sepeda motor matic pasti yang sebelah kanannya habis duluan dan menjadi bergelombang.

Sedangkan pada sepeda motor bebek alias bukan matic memiliki 2 shockbreaker belakang, atau monoshock yang posisinya ditengah. Dan kejadian ban depan tidak rata, makan sebelah dan bergelombang jarang terjadi pada motor bebek.

Nah, mulai sekarang Anda harus lebih teliti jika bagian ban motor mulai terasa tidak nyaman. Karena bisa jadi masalah yang serius jika sepeda motor menghajar lubang yang cukup dalam dengan kecepatan yang tinggi. Karena nantinya akan sulit dikendalikan dan memunculkan bahaya.

mengukur tekanan angin pada ban

Untuk itulah Anda harus selalu menjaga tekanan angin untuk ban depan sekitar 30psi. Perhatikan juga kualitas dari ban yang dibeli, belilah ban yang berstandar SNI. Jangan mengganti ban bekas atau kanisiran, karena membahayakan pengendara dan sering mengakibatkan kecelakaan. Dan yang terakhir, perhatikan skok depan motor Anda, apakah ada sil yang bocor. Kalau sudah bocor maka segera ganti sil skok depan.

Nah, demikianlah pembahasan mengenai ban depan motor matic yang tidak rata, makan sebelah dan bergelombang serta sedikit cara untuk mencegah terjadinya hal seperti itu. Semoga bisa bermanfaat dan berguna dan dapat membantu Anda yang sedang mengalami ban depan tidak rata, makan sebelah dan bergelombang pada sepeda motor matic.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

seven + 9 =